Wednesday, March 06, 2013

OPERKULEKTOMI UNTUK GIGI BUNGSU (HEALTH)

           
  
Mungkin terdengar aneh jika orang dewasa mengalami sakit gigi karena tumbuh gigi. Teman-teman saya sering bertanya "memangnya kamu umur berapa? kok baru tumbuh gigi. Tumbuh gigi kan buat anak kecil.."Iya nih gigi belakangku baru tumbuh.....Jadi memang gigi geraham belakang itu tumbuhnya belakangan. Mungkin sebagian orang tumbuhnya bagus dan cepat jadi ga berasa sakit. Tapi ada juga yang tumbuhnya umur 20 an ke atas seperti saya ini. Dan kalau tumbuhnya sedikit aneh, nah itu yang sakit buanget....

Berdasarkan pengalaman saya, saya memiliki permasalahan gigi bungsu seperti gambar di atas. Sebagian gusi menutupi gigi bungsu dan gusi di samping pun membengkak dan menggelambir sehingga selalu tergigit ketika saya makan. Hal ini menyebabkan saya sulit untuk konsentrasi (karena terganggu oleh rasa sakit gusi), sakit kepala, tidak nafsu makan, dan mengeluh kepada orang-orang di sekitar saya (hehehe). Akhirnya saya pun ke klinik dokter yang ada di kantor saya. Kata dokternya gigi saya ini harus dicabut dengan biaya yang tentunya sangat mahal (500rb red.). Alhamdulillah ada bantuan dari beberapa mbak senior saya yang sangat baik hati. 

Namun saya merasa menyayangkan jika gigi saya harus dicabut karena gigi geraham di depannya sudah tanggal. Akhirnya saya memeriksakan kembali gigi saya ke dokter gigi di Puskesmas Kecamatan Jatinegara ditemani Novi Utami. Dokternya baik banget dan tidak jutek karena saya suka illfill kalo pergi ke dokter gigi yang agak judes karena saya menjadi tidak tenang (misalnya pas nembel ato pas nyabut). Setelah berkonsultasi panjang dan gigi saya diperiksa, dokter berkata kalo gigi bungsu saya masih bagus dan tidak usah dicabut, sebelumnya saya juga sempat rontgen gigi dan memang giginya tumbuh ke atas tidak menyamping hanya tertutup gusi saja. Dokternya bilang kalo mau nanti gusinya disayat sehingga tidak menghalangi pertumbuhan gigi bungsu atau yang disebut Operkulektomi. Saya pun diberikan obat untuk menghilangkan bengkak dulu setelah 3 hari datang lagi, nama obatnya Mefinal dan obat kumur Garglin.

Setelah 3 hari saya kesana namun masih belum bisa dioperasi karena masih bengkak dan saya bandel obatnya jarang diminum (dokternya jadi ngomel2 tapi tetep baik). Minggu depannya saya ke puskesmas lagi tapi dokternya lagi pergi. Esoknya saya kesana lagi bersama teman saya Yeni karena saya takut sendirian (operasi lagi). Dokternya bilang gigi saya sudah bisa dioperasi. Gusi sekitar mulut termasuk lidah saya dibius 5 kali agar saya tidak merasakan sakit kemudian disuruh ngeludah di wastafel operasi. 5 menit kemudian setelah diuji dengan pinset saya sudah tidak merasakan sakit. Kemudian gusi saya yang menutupi gigi bungsu disayat, juga gusi yang menggelambir dekat pipi juga disayat agar giginya tidak terhalang. 

Selama operasi saya tidak merasakan sakit tapi merasa seram karena benda2 tajam yang digunakan dokternya. Darah pun sangat banyak keluar dan dokternya memberikan kapas serta antiseptik. Kapas pun banyak sekali darahnya tapi tidak sakit. Dan yang membuat saya agak ngilu ketika gusi yang sudah disayat itu dijahit. Dokternya kayak jahit baju aja :D. Benang jahit itu keluar masuk mulut saya dan panjang banget. Hampir sejam operasi berlangsung dan alhamdulillah berhasil. Selama operasi saya tidak merasakan sakit tapi sejam kemudian sakit mulai terasa. Saya pun minum obat yang diberikan dokter dan memakan makanan lunak seperti bubur saja selama 3 hari.
      Perawatan yang dilakukan setelah operasi itu adalah:
1. Ganti kapas setiap 1 jam
2. Jangan kumur2 selama 24 jam
3. Minum obat secara teratur
4. Makan makanan yang lembut seperti bubur
5. Banyak istirahat
            1 minggu kemudian saya ke Puskesmas lagi untuk kontrol. Kata dokternya hasilnya bagus dan diberi obat lagi. Seminggu kemudian saya kesana lagi untuk pelepasan benang jahit. Dan alhamdulillah setelah itu gigi bungsu saya tumbuh dengan normal dan tidak sakit lagi. :):)

Artikel Terkait

37 comments:

  1. Biaya operasinya itu berapa ya?
    Soalnya saya juga punya problem yg sama, gigi bungsunya belum keluar semua masih ketutup gusi sebagian, skrg ini lagi nyeri banget karna bengkak, mau kedokter gigi ngeri sendiri liat biayanya yg bisa sampe 2jt buat cabut gigi bungsu.

    ReplyDelete
  2. kalo aku pake askes mbak, tapi waktu itu askesku sudah out of date, jadi kayaknya dikasih biaya biasa saja....aku waktu operasi operkulektomi dulu cuma bayar 100rb saja mbak...:) di Puskesmas Jatinegara, Jakarta Timur, dokter giginya lumayan bagus. Kalo di rumah sakit atau dokter gigi umum saya dulu pernah ditawari buat nyabut biayanya Rp500rb mbak per gigi. Coba saja ke puskes mbak...:) tapi minusnya memang antriannya panjang mbk..hehehe

    ReplyDelete
  3. oh iya kalo masih bengkak biasanya dikasih obat dulu asam mefenamat sama antibiotik....Biasanya gigi mbak disuruh rontgen dulu untuk mengetahui giginya pertumbuhannya miring apa enggak...Kalo pertumbuhannya normal ga usah dicabut mbak kalo gusinya cm nutupin gigi, gusi itu bisa dibuang dengan operasi operkulektomi kayak saya. Tapi kalo giginya miring harus dicabut mbak coz dioperasipun tetep ga bagus hasilnya...cepet sembuh ya mbak...:)

    ReplyDelete
  4. kalo operasi odontektomi(pencabutan gigi bungsu) berapa mbak? di puskesmas jatinegara bisa ato tidak odontektomi. serta biaya rontgenny berapa mbak?

    saya jg mengalami hal sama dgn anda. dan saya ingin seperti apa yg mbak lakukan

    ReplyDelete
  5. Kalo operasi odontektomi aku kurang tahu berapa, kemungkinan sih sama ya soalnya operkulektomi itu aja yg ga bs sembarangan cuma 50rb bayarnya. Untuk rontgen sendiri dulu bayar 15rb. Nanti kan setelah dirontgen dokternya tahu langkah apa yang akan diambil apakah odontektomi atau operkulektomi. Kalo numbuhnya ga miring masih bs di operkulektomi...

    Cepet sembuh yaa

    ReplyDelete
  6. o iy nanti kalo ke puskesmas jangan lupa bawa kartu hijau, kalo belum punya silahkan mendftar dengan KTP atau askes/bpjs...trs pilih poli gigi di atas ruangannya..oci oci

    ReplyDelete
  7. 1 jam mulutnya terbuka apa gak pegel tuh mbak

    ReplyDelete
  8. Pegel banget...:)) tapi ya mw gimana lagi pengen sembuh hehe..

    ReplyDelete
  9. artikelnya informatif banget mba :)
    gigiku juga sama mba, sama dokter dikasih opsi mau disayat gusinya atau dicabut...
    kalau operkulektomi kya mba monica, pemulihannya berapa lama ya? sampai betul2 normal setelah pengambilan benang jahit? pas masa pemulihan mengganggu aktivitas banget ngga mba?
    trims sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Apri: iya mbak. Saya sendiri sih cenderung lebih milih operkulektomi coz geraham saya ada yang sudah tanggal alias ompong jadi sayang kalo si gigi bungsu dicabut..hehe. Pengalaman saya yang 2 kali operkulektomi sih sekitar kurang lebih 2 minggu sudah bisa dipake makan. Ga papa mbak yang penting setelah itu giginya ga sakit2 lagi...#Maaf baru balas

      Delete
  10. Saya juga di operasi operkulektomi mba, tpi ketika gusi saya masih radang, sehari sesudah operasi gusi sebelah gigi masih bengkak, apa itu gak bahaya? Mksh mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu normal kok mba...Kan baru sehari, selama seminggu habis operasi operkulektomi memang belum boleh makan yang keras-keras, pedas-pedas dan panas-panas atau dingin-dingin. Karena bisa meradang dan bengkak...tapi jika lebih dari 2 minggu masih sakit bisa konsultasi ke dokter...#Maafbarubalas

      Delete
  11. saya gak kuat mangap pasti mual gimana mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...kalau cabut gigi atau operkulektomi pastinya mangap dong ya...Hmm..dijalani dulu saja mba, alternatifnya mungkin mba bisa mencari dokter gigi yang ramah dan good conseling sehingga dia bisa ngasih solusi untuk mba yang ga kuat mangap lama-lama...#Maafbarubalas

      Delete
  12. Pas sakit keluar nanah atau darah gitu ga mba ?
    Saya juga sama sakit bgt sudah satu minggu , kata dokter puskesmas nya harus tindakan operasi , katanyavharus dsobek dan di jahit , gak bisa pake obat sembuh nya hanya dengan operasi , apa betul mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas sakit ga keluar darah....tapi sering kegigit gusi di sekitar gigi belakangnya dan itu sakit banget. Iya supaya ga sakit-sakit lagi harus segera dioperasi izoet. Soalnya jika kasusnya seperti saya, gigi belakang akan berulang sakitnya. Ga mau minum obat sakit gigi terus tiap 3 bulan, makanya saya lebih milih operasi sekali tapi ga kumat2 lagi.....cepet sembuh ya..

      Delete
  13. Pas bengkak suka keluar nanah atau darah ga mba ?

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. Yang jelas berdarah mba..hehehe...alhamdulillah ga bernanah habis operasi mba

      Delete
    2. Yang jelas berdarah mba..hehehe...alhamdulillah ga bernanah habis operasi mba

      Delete
  15. Mba problem sy sama tumbuhnya benar tp masih terttup sebagian gusi, tp saya takut sekali disayat dn dioperasi dn dijahit, ditambah lg persiapan pernikahan pusing sekali saya.. saat ini cuma konsumsi pain killer kaya neuralgin, kadang mefinal, atau cataflam. Bahaya ga mba?
    Itu di biusnya suntik atau hanya dioles cairan mba?
    Setelah operasi rasa sakitnya gimana mba?
    Klo pas dicabut benang jahit jg akan sakit lagi, berdarah lg atau gmn mba??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba syaila....wah lagi persiapan pernikahan ya, semoga acaranya lancar ya mba....dulu sebelum dioperasi saya pernah dikasih pereda nyeri kataflam sama dokter mba, kalau atas anjuran dokter sih kayaknya ga bahaya mba, asal ga berlebihan. Dibiusnya disuntik mba...setelah operasi 1 jam baru terasa sakitnya mba..Pencabutan benang itu sekitar 2 mingguan mba, pas itu ga sakit kok mba....hehe

      Delete
  16. Haloo Mbak Monica.

    Sebelumnya makasih sharingnya.
    Saya mau tanya. Operasi gusi itu tidak wajib kan ya? Apa si gusi tidak bisa sembuh / minggir sendiri tanpa operasi? :D

    Sepertinya saya baru mulai tumbuh gigi bungsu. Belum terlihat sih tp sudah terasa sakit kalau mulut terbuka/mangap lebar (apakah dulu Mbak jg sakitnya seperti saya?).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tidak wajib, hanya saja untuk menunggu gusi terbuka tanpa operasi itu memakan waktu yang lama heri, itupun sedikit-sedikit kebukanya dan ga semuanya kebuka...Karena dulu sakitnya sudah menjadi-jadi jadi saya memutuskan untuk operasi. Tapi ga bisa langsung operasi juga sih, biasanya dikasih obat sm dokter biar bengkak dan skitnya bener-bener ilang dulu sebelum operasi

      Delete
  17. Hi Monika,

    Obat biusnya itu disuntikkan ke beberapa bagian di mulut kita? Aku dengernya serem ya, mbak. Hehehe...
    Trus, menganga-nya dibantu alat penahan mulut, kah? Waktu itu meluangkan 1 hari untuk tidak bekerja/kuliah atau gimana?

    D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bawah lidah dan di sekitar pipi, berapa kalinya yg tahu dokter ya, sy lupa hehe..ga pake penagan mulut cm trpaksa buka mulut krn dokternya udah sibuk dgn gigi kita..sebaiknya libur dulu mbak, klo sy dulu sih masih tetep msuk mgang waktu itu smbil nahan sakit stelah biusnya ikang hehe..

      Delete
  18. Hi mba monica
    makasi banget infonya
    aku ada masalah sama, gusinya nutupin gigi sampe sekarang.
    tiap konsulasi ke beberapa dokter di saraninnya operasi, padahal udah 2 kalo panoramic dan ga ada masalah sama pertumbuhannya (ga nyamping atau ngacak) akhirnya sampe sekarang di tahan dulu buat operasi, tapi jujur sakit banget apalagi kalo makan kadang nyelip makanan karna yg kebuka sedikit.
    Untung aku baca2 dulu nemu blog ini, aku fiki opsi sayat gusi gada ternyata adaa huhu
    tapi masih bingung di mana kira2 yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mbak sophie...iya memang ga semua dokter gigi menyarankan untuk operkulektomo, sy juga sempat ditawarkan operasi dicabut. Alhamdulillah 2 gigi bungsu saya dioperkulektomi semua, memang tergantung dokter giginya si...coba cari second atau third opinion dokter gigi ya mbak, siapa tahu dapat dokter yang pro operkulektomi. Sayang soalnya kalo tumbuhnya bagus trs dicabut..

      Delete
  19. Selama 2 minggu itu berarti gk bsa gosok gigi mba?

    ReplyDelete
  20. Pengalaman sm persis sm saya.
    gigi bungsu yg tertutup sebagian daging gusi.
    tiap kali kambuh,bengkak karna tertekan sm gigi atasx.
    sm dokter cm d kikir aja gigi yg atas biar gg terlalu menekan gigi bawahx.udh 2x kambuh solusinya d kikir.
    kata dokterx klo mau d cabut harus oprasi kecil.,tp kok ngeri y��

    ReplyDelete
  21. Arghhhhhhhh... gigi bungsu kok menyakitkan x..

    ReplyDelete
  22. Arghhhhhhhh... gigi bungsu kok menyakitkan x..

    ReplyDelete
  23. Pas dibius kan disuntik tuh mbak , sakit gak pas di suntik bius di bawah lidah dan di pipi
    Terus kalau boleh tau berapa kali disuntik nya seingat mbak aja

    ReplyDelete
  24. Pas dibius kan disuntik tuh mbak , sakit gak pas di suntik bius di bawah lidah dan di pipi
    Terus kalau boleh tau berapa kali disuntik nya seingat mbak aja

    ReplyDelete
  25. Mbak kalau boleh tau pas dibius lidah dan pipi nya sakit gak
    Dan berapa kali disuntik bius nya kira kira , mbak

    ReplyDelete
  26. Halo mba thanks atas sharingnya. Kalau boleh tau, dokter giginya siapa yah? Saya dapat case yg sama dengan mbak tpi dokternya juga suruh saya cabut giginya. Saya pengen second opinion aja. Thanks mba

    ReplyDelete
  27. Halo mba, kalau boleh tau dokternya siapa yah? Saya pengen konsultasi ke dokter mba soalnya case saya mirip dengan mba. Thanks

    ReplyDelete

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Pengunjung Blog

Labels

A EKMET (1) A MACRO (1) A MATEK (1) A MENULIS (1) A MICRO (1) ENGLISH (13) ISLAMI (9) KISAH (24) KUE (2) KULINER (3) LEARNING (23) Menjahit (6) MONICLENS (8) MY CREATION (12) MY LOVELY FAMILY (17) NGAJI (1) NOSTALGIA (14) PUISI (7) RESENSI FILM (6) STORY (38) TAJWID (1) TESTIMONI (2) TIPS dan TRICK (16) TRAVELLING (40) TSAQOFAH (1) Umar (9)

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Monica Oktavina. Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter

Flag Counter

About Blogger

Hello guys, I am a mother of two kids, hopefully this blog useful for you, do not forget to follow this blog to get more information ^_^ (Instagram: moniceoktavina12. Youtube: Monica Oktavina) Contact Us: moniceoktavina@gmail.com

PRIVACY POLICY

Copyright © Monice and Family | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com