Friday, May 03, 2013

Task Force (Pengawasan), Macam-macam yang dihadapi di Lapangan Saat Pencacahan ST2013


1 Mei 2013 (door to door):


  1. Permasalahan (P): Banyak responden yang ke kebun pada pagi dan siang hari. Solusi (S): Datangi lagi rumah responden.
  2. P:  Bingung Kondef Rumah tangga baru dan Rumah yang terlewat  cacah pada daftar ST2013-P. Solusi:  a. Untuk rumah tangga baru (misalnya mengontrak) Maka RT lama ditulis pindah ke luar Blok sensus (kode 6) sedangkan rumah tangga baru  yang berada di kontrakan ditulis di baris terakhir rumah tangga, diberi kode 4 (baru) kemudian kolom 2 (bangunan fisik) dan kolom 3 (bangunan sensus) serta alamat mengikuti rumahnya RT lama. b. Untuk rumah yang terlewat cacah, Maka RT tersebut dicacat di baris terakhir, kemudian kolom 2,3 mengikuti bangunan sensus terdekat serta diberi akhiran A, B, C, dst pada penomorannya
  3. P: Pisang salah memasukkan ke tanaman perkebunan. S: Masukkan ke tanaman Hortikultura
  4. P: Rumah ditempati oleh ibunya, sedangkan anak pindah ke luar BS. S: RT tersebut berkode 2 (Ganti KRT), KRT diganti nama ibunya (nama anak dicoret)
  5. P: Jasa Pertanian seperti apa? S: Misalnya menyewakan alat pertanian berikut operatornya
  6. P: Cara penulisan pindah dalam blok sensus. S: Isikan kode 3 (pindah dalam blok sensus), kolom 1,2,3,4 tidak berubah, hanya alamat jika berubah maka diganti (coret alamat lama)
  7. P: Cara penulisan Bergabung dengan rumah tangga lain. Misalnya: anak tinggal di rumah berbeda, pada saat pencacahan bergabung dengan ibunya namun anak menjadi KRT di rumah tangga ibunya. S: Anak diberi kode 5 (bergabung dengan RT lain). RT ibu diberi kode 2 (Ganti KRT) dengan anak sebagai KRT (ganti nama ibu dengan nama anak).
  8. P: Tanaman perkebunan tapi belum berproduksi (misalnya kelapa) apakah berkode 1 atau tidak? S: Diberi kode 1

2 Mei 2013 (Snowball)


  1. P: Lupa mengisi nama BS, Kec dengan huruf Latin. S: Diisi
  2. P: Lupa menanyakan jasa perkebunan, dll. S: Wajib ditanyakan ke responden untuk tiap subsektor dan juga wajib menanyakan apakah melakukan pengolahan menjadi produk lain. 
  3. P: Perkebunan rakyat apakah sama dengan kebun? (kasus kelapa) S: Kalo terpisah dengan tanaman lain maka dicatat perkebunan rakyat.
  4. P: Kolom 18 untuk lahan yang dikelola orang lain dengan memberikan upah tidak termasuk buruh. S: Diperbaiki dan diberi strip (-). NB: Buruh tidak mengambil resiko dan tidak diberi kuasa penuh atas lahan orang lain
  5. P: Kolom 12B jika tidak punya sapi potong atau kerbau. S: Maka diisi 0 bukan strip (-)
  6. P: Luas tanam jagung apakah dapat didekati dengan berapa sak dihabiskan? S: Bisa didekati dengan banyaknya sak. Misal: 3 Sak = 1 Ha
  7. P: Apakah durian cuma 1 pohon tapi belum berbuah apakah tetap dicatat? S: Tetap dicatat
  8. P: Lupa menanyakan macam-macam tanaman hortikultura (banyak terlewat). S: Wajib ditanyakan
  9. P: Kopi dan kelapa sama-sama belum menghasilkan kira-kira mana yang punya produksi paling besar?. S: Kelapa karena pohonnya paling banyak
  10.  P: Kalo ayam untuk hobi. Nilai produksi yang paling besar tetap ditulis atau tidak?S: Ayam hobi tercatat apabila RT tangga tersebut merupakan RT Pertanian karena sebab dy punya usaha pertanian lainnya atau memelihara sapi, tetapi kalo cuma punya ayam hobi maka tidak termasuk usaha peternakan di ST2013-P. Dan di peternakan jika hanya ayam hobi maka di kolom  produksi yang paling besar adalah jenis ayam hobi tersebut.
  11. P: untuk Snowball apakah PCL boleh dibagi per blok?S: Sebaiknya dibagi per rumah tangga dalam 1 blok saja agar kortim tidak kesusahan dalam mendampingi PCL.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Pengunjung Blog

Labels

A EKMET (1) A MACRO (1) A MATEK (1) A MENULIS (1) A MICRO (1) ENGLISH (13) ISLAMI (9) KISAH (24) KUE (2) KULINER (3) LEARNING (23) Menjahit (6) MONICLENS (8) MY CREATION (12) MY LOVELY FAMILY (17) NGAJI (1) NOSTALGIA (14) PUISI (7) RESENSI FILM (6) STORY (38) TAJWID (1) TESTIMONI (2) TIPS dan TRICK (16) TRAVELLING (40) TSAQOFAH (1) Umar (9)

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Monica Oktavina. Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter

Flag Counter

About Blogger

Hello guys, I am a mother of two kids, hopefully this blog useful for you, do not forget to follow this blog to get more information ^_^ (Instagram: moniceoktavina12. Youtube: Monica Oktavina) Contact Us: moniceoktavina@gmail.com

PRIVACY POLICY

Copyright © Monice and Family | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com