Tuesday, February 25, 2014

Muroja'ah Surah 78-83

Assalamu'alaykum Wr Wb

Alhamdulillahirobbil'alamiin segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya yang tidak terhingga. Kali ini aku ingin muroja'ah hafalanku, sebelumnya aku mengucapkan jazakumullah khairan katsiiran buat sahabatku Endri Cahyo sehingga aku bisa meneruskan lagi mengaji di Utsmani (Munggang, Condet Raya, Jakarta Timur) tentu saja via telepon karena sekarang kusudah nun jauh di bagian utara Indonesia.  Sebenarnya Endri mengikuti Utsmani via Skype, tetapi dikarenakan di tempatku sinyal untuk internet susah, jadi aku bertanya kepada pengurus Utsmani apakah bisa via telepon. Sekali lagi jika ada niat pasti ada jalan, yup permintaanku untuk mengaji via telepon diperbolehkan (senangnyaaa). Dan tidak hanya sampai disitu, aku punya permintaan lain yakni apakah bisa walaupun levelku masih Talaqqi 1 (level terakhirku sebelum penempatan) bisa mulai menghafal juz 30 Al Qur'an? Dimana regulernya kegiatan menghafal baru bisa dilaksanakan saat sudah mencapai level Talaqqi II. Alhamdulillah permintaanku tersebut juga dikabulkan, dan sejak 2 bulan yang lalu aku sudah mulai bisa menghafal juz 30 Al Qur'an (tentu saja permintaan ini juga dikonsultasikan dengan Ustadzah yang membimbingku). 

Sampai dengan hari ini, pertemuanku untuk mengaji sudah yang keenam kalinya. Kegiatan mengaji via teleponku hanya 1x1 minggu dan berlangsung selama 2 jam. Pertemuan untuk minggu pertama membahas Buku Talaqqi dan juga Talaqqi (menyetor bacaan dengan tilawah untuk diperbaiki kesalahan baik dalam membaca maupun pelafalannya sesuai dengan tajwid). Pertemuan untuk minggu kedua adalah Talaqqi dan hafalan Al Qur'an dimulai dari surat An Naba' terus An Nazi'at ke bawah. Kenapa dari atas ke bawah? soalnya kalo dari bawah kadang suka mentok hafalannya, hehe (tapi terserah teman sih metodenya mau gimana). Dulu sih sudah pernah hafalan juz 30 waktu liqo' bersama Mbak Wulan. Namun, sayang banget karena ga dimoroja'ah hafalanku ga melekat sehingga banyak yang lupa dan sering tertukar posisinya. :( Maka dari itu, kesempatan untuk menghapal mumpung usiaku belum tua-tua amat aku manfaatkan. hehehe. Dan dengan perjuangan menghapal serta tilawah 1 day 1 juz aku bisa menyetorkan hafalanku kembali. Ustadzahku malah ingin aku menyetor hafalan tiap hari via Whatsapp, tapi aku paling ga nyetor pas hari kamis, hehe. Bukan karena ga ada alasan tetapi lebih dikarenakan 'melekat'kan hafalan itu susaaaaah banget. Misalnya nie aku sudah hafal beberapa ayat (kalo hafal lumayan cepat), dan setelah hafal kata ustadzahku minimal harus diulang 5x (kalo buat aku lebih dari 5x coz susah melekat hehe). Tapi alhamdulillah banget setelah dimuroja'ah dan dipakai dalam sholat, hafalanku ga mudah hilang dan entah kenapa bibir ini seperti spontan gitu bergerak ketika menghapal surat yang sudah melekat. Dan surat-surat yang telah selesai kuhapal adalah An Naba', An Nazi'at, 'Abasa, At Takwir, Al Infithar, dan Al Mutaffifiin.


Aku berharap sekali mudah-mudahan tetap istiqomah dalam menghafal dan tidak pernah putus semangat. Buat teman-teman semua ayoo menghafal Al Qur'an, siapa yang mau dapet gelar Hafidzoh??Kalo aku sih Mau Bangeeeeet :)



Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Pengunjung Blog

Labels

A EKMET (1) A MACRO (1) A MATEK (1) A MENULIS (1) A MICRO (1) ENGLISH (13) ISLAMI (9) KISAH (24) KUE (2) KULINER (3) LEARNING (23) Menjahit (6) MONICLENS (8) MY CREATION (12) MY LOVELY FAMILY (17) NGAJI (1) NOSTALGIA (14) PUISI (7) RESENSI FILM (6) STORY (38) TAJWID (1) TESTIMONI (2) TIPS dan TRICK (16) TRAVELLING (40) TSAQOFAH (1) Umar (9)

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Monica Oktavina. Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter

Flag Counter

About Blogger

Hello guys, I am a mother of two kids, hopefully this blog useful for you, do not forget to follow this blog to get more information ^_^ (Instagram: moniceoktavina12. Youtube: Monica Oktavina) Contact Us: moniceoktavina@gmail.com

PRIVACY POLICY

Copyright © Monice and Family | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com