Tuesday, May 20, 2014

SIM C...Yes, I Got This Card!

Assalamu'alaykum Wr Wb sobat...

Sedikit mau berbagi pengalaman nih sobat, saya kemarin baru dapat SIM C *senengpakebanget. SIM C itu adalah Surat Izin Mengemudi (Driving Licence) untuk pengendara sepeda motor. Sebenarnya, saya bisa naik motor semenjak kelas 3 SMP tapi belum cukup umur buat bikin SIM. Waktu kuliah pun saya masih belum punya SIM, dan hampir berurusan dengan polisi. (*Kilas balik dulu yaa waktu masih kuliah...) Pada saat saya ingin mencari data buat tugas Time Series apa ya (lupa-lupa dikit) yang mengharuskan saya untuk datang ke BPS Provinsi Bali, saya naik motor nekat tanpa SIM dan tanpa helm :)) (jangan ditiru ya sobat). Soalnya kalau di Bali pake jilbab aja itu ga kena tilang polisi coz disamakan dengan pakaian adat (jadi yang berpakaian adat keagamaan ga papa ga pake helm). Saya kesana bersama teman saya, dia punya SIM jadi jalan duluan dan saya dibelakangnya. Nah setelah di pertigaan jalan besar dia menginstruksikan saya untuk berbalik arah coz ada sweeping polisi. Saya yang tengah bingung dan panik pun langsung berbalik arah (padahal itu jalan 1 arah *please jangan ditiru juga ya sobat). Saya belok kanan, dan menitipkan sepeda motor di salah satu rumah orang Bali kemudian saya dijemput sama teman saya dan kami pun cap cus. Pulang dari ambil data saya kesana lagi buat ambil motor saya. Awalnya saya takut motor saya hilang, tapi ternyata motor saya masih utuh (mungkin kalo di Jakarta udah raib tuh).

Keinginan punya SIM memang semenjak lama tapi belum sempet terus (*soksibuk) dan keinginan kuat itu muncul beberapa bulan lalu setelah saya kena tilang polisi. :)) Waktu itu saya lagi kerja dan harus turun lapangan untuk mengawas Sakernas (Survei Angkatan Kerja Nasional) di Desa Pentadu Timur.

Kalau disini (Boalemo *red) jalannya naik turun gitu soalnya banyak bukit. Ternyata polisinya sudah menghadang di jalan turunan, mau balik arah juga susah coz uda disuruh minggir sama polisinya. Polisinya minta SIM dan STNK saya, ya saya cuma bawa STNK doang pak belum punya SIM. Langsung deh aq kena tilang, hahaha. Gimana ya rasanya ditilang itu, hmm campur aduk deg2an, cemas, pengen nangis, grogi coz perasaan bersalah itu muncul saat itu juga. Mana sendirian lagi, kunci motorku diambil sama polisinya coz aku telah melanggar peraturan lalu lintas. Bingung banget waktu itu "pak please jangan diambil motor saya ini motor dinas lho pak..". Akhirnya setelah berdiskusi sama polisinya saya disuruh bayar XXX.000 karena tingkat pelanggaran saya katanya termasuk berat. Hadeeh saya waktu itu uda panik banget akhirnya ngeluarin duit dari kocek saya. Polisinya pun manggut-manggut, oke nih kunci motornya. Saya pun diceramahin dan disuruh urus SIM. Orang-orang yang saya ceritain pengalaman saya itu langsung bilang "Ati Olo Ati (Artinya: kasihan), ada yang ikutan kesel juga...". Saya cerita ke suami "yasudah ga papa lain kali bikin SIM".



Dan hari selasa 2 minggu yang lalu saya merealisasikan keinginan itu didampingi suami saya. Persayaratannya simpel:
  1. Fotokopi KTP sebanyak 2 lembar
  2. Pas Foto 3x4 sebanyak 2 lembar
  3. KIR dokter (di kantor polisi bayar 40.000)
  4. Sidik Jari (di kantor polisi bayar 30.000)
  5. Administrasi 100.000
  6. Lulus Tes Teori
  7. Lulus Tes Praktek
Awalnya saya ga lulus tes teori, akhirnya lulus hari senin kemarin dan untuk mendapatkan SIM C cukup menunggu sekitar 30 menit saja. Alhamdulillah sekarang saya bisa kemana-mana (khususnya nyari-nyari data) tanpa takut ditilang.......^_^
By: Monica

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Pengunjung Blog

Labels

A EKMET (1) A MACRO (1) A MATEK (1) A MENULIS (1) A MICRO (1) ENGLISH (13) ISLAMI (9) KISAH (24) KUE (2) KULINER (3) LEARNING (23) Menjahit (6) MONICLENS (8) MY CREATION (12) MY LOVELY FAMILY (17) NGAJI (1) NOSTALGIA (14) PUISI (7) RESENSI FILM (6) STORY (38) TAJWID (1) TESTIMONI (2) TIPS dan TRICK (16) TRAVELLING (40) TSAQOFAH (1) Umar (9)

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Monica Oktavina. Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter

Flag Counter

About Blogger

Hello guys, I am a mother of two kids, hopefully this blog useful for you, do not forget to follow this blog to get more information ^_^ (Instagram: moniceoktavina12. Youtube: Monica Oktavina) Contact Us: moniceoktavina@gmail.com

PRIVACY POLICY

Copyright © Monice and Family | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com