Monday, June 30, 2014

Cara Menggunakan Mesin Jahit Mini Portable S2

Sebelum kita mulai, saya rekomendasiin tempat beli mesin jahit mini yang murah, klik link di bawah ini ya..

Assaalamu'alaykum sobat, gimana puasa hari ini lancar? mudah-mudahan puasa kita lancar ya sobat sampe 1 bulan full. Jangan sia-siakan bulan yang penuh berkah ini sobat :). Oh iya kalo ga salah bulan puasa ini bertepatan dengan hari libur sekolah ya? Haduh pasti bosan ya kalo di rumah cuma tidur, nonton TV dan begitu terus pasti lemes...hehe. Gimana kalo belajar jahit sambil ngabuburit? Bisa jahit ga sobat? Saya juga awam banget sobat soal jahit menjahit. Saya belajar jahit secara otodidak loo. 

Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu suami saya pengen beli mesin cukur rambut, saya yang disuruh cari di online. Nah, pas liat-liat di tokopedia dapet tuh mesin cukur rambut yang bagus. Aku searching-searching ternyata banyak banget yang dijual, ga sengaja saya tertarik untuk mencari mesin jahit portable. Dan lebih tertariknya lagi sama harganya sobat, dengan tipe seperti di bawah ini harganya cuma 175rb rupiah saja. Saya akhirnya beli, hehe..




Sebagai orang yang sangat ga ngerti jahit menjahit (kecuali manual), saya pun berusaha mengartikan buku petunjuknya yang notabene pake bahasa inggris. Saya bolak-balik itu buku..ga ngerti2. Mau searching waktu itu pulsa modem saya habis. Tapi saya ga putus semangat, saya coba-coba aja (trial and error). 
Terutama  saya berkali-kali gagal waktu pake 'mata nenek' buat masukin benang ke dalam jarum. Parah banget deh sobat pokoke, bener-bener belajar sendiri. Alhamdulillah akhirnya setelah saya utek-utek tuh mesin jahit akhirnya bisa jalan juga. Jahitan saya pun masih miring-miring ga mau lurus. Terus setelah saya berhasil jahit lurus dalam sebuah kain flanel (*bangga) eh ga tahunya sekoci saya rusak..:((



Semalaman saya hanya pegang tuh mesin jahit, saya bingung dia kok ga mau muter ya?. Kalo ga salah saya perbaikinya mulai dari jam 7 malam sampe jam 12 malam (uda plus makan n sholat lo yaa). Malam itupun saya menyerah sama si bantal, :D. Esok paginya saya masih penasaran sama nih mesin jahit alias sedih soalnya baru aja beli. Ternyata eh ternyata saya cuma salah taruh tempat sekoci. Jadi pesen saya sama sobat kalo belajar jahit sekocinya jangan dimainin deh. Kalo lepas bisa pusing tuh...Setelah letak sekocinya bener, mesin jahitnya bisa jalan lagi (asiiik). Setelah ada modem, saya merasa ada cara saya yang salah dalam menjahit. Makanya saya pikir kok benang jahitnya ga bisa ngiket ya?. Nah supaya sobat-sobat ga keliru/tersesat dalam menggunakan mesin jahit portable ini ada baiknya kita lihat tutorial yang saya share dari youtube. Yuk yuk...




Cara memasang tempat spull untuk yang susah masang yaitu lihat tempat spull, disana terdapat 4 cekungan. Jika kita ga ngerti (seperti saya dulu), maka saya akan tertipu untuk memasukkan bagian dalam yang menjorok di cekungan pertama. Tips 1: Di foto yang saya ambil, sobat bisa lihat hanya ada 2 cekungan yang terpakai supaya tempat spull bisa terpasang dengan benar yaitu cekungan nomor 2 dan cekungan no 4. Silahkan dipraktekan....^_^







TIPS 2: Lebihkan panjang benang atas maupun bawah +- 10cm agar benang bisa naik dan jahitan tidak lepas.

Kalau video ini penjelasannya lebih panjang dan rinci: 



Nah, kalo liat videonya jadi berasa gampang banget kan? oke sobat, let's try at home...^_~ O ya sobat ngabuburitnya jangan lupa sambil ngaji ea..hehe


Teman-temaanz..


Ini post saya yang kedua mengenai mesin jahit mini portable..kali ini saya akan sedikit menjelaskan tahapan-tahapan agar bisa menjahit menggunakan mesin jahit mini ini. Oke dicek ya...





1. Letakkan benang hitam (optional) di atas tempat benang. Kemudian masukkan benang ke dalam lubang nomor 1. Anda juga bisa menggunakan spull atas (benang putih) di sebelah kanan untuk menjahit dengan meletakkannya terlebih dahulu ke putaran ungu baru ke lubang nomor 1. Ini sama saja tergantung selera anda mau pakai benang yang lebih besar atau cukup spull saja karena caranya sama. TIPS 3: Jangan lupa dimasukkan ke dalam kumparan (supaya benang tidak menggulung di bawah). Lalu setelah itu, masukkan benang ke lubang nomor 2 (atas).




2. Turunkan benang, kemudian masukkan ke lubang nomor 3 yang berada tepat di bawah lubang nomor 2. Kemudian masukkan ke lubang nomor 4. 




3. Ini gambar lebih jelasnya setelah benang dimasukkan di lubang nomor 4. Benang putih yang di bawah diabaikan saja karena itu benang yang berasal dari tempat sekoci. 




4. Langkah keempat adalah memasukkan benang ke dalam lubang jarum jahit. Disini sobat bisa menggunakan 'mata nenek' untuk memasukkannya dengan posisi seperti di atas yaitu benang dari kiri ke kanan. 




5. Ini gambar setelah benang dimasukkan ke dalam lubang jarum. TIPS 4Ingat ya benang dimasukkan dari kiri ke kanan kemudian ditaruh di bawah sepatu (Kanan Sepatu) sebab jika terbalik maka kain tidak akan terjahit.




6. Langkah keenam adalah benang yang sudah dimasukkan ke dalam jarum arahkan ke bawah sepatu kemudian tarik ke sebelah kanan. Sebelah kanan ya sobat (lihat nomor 6).................




7. Untuk benang pada spull di sekoci (benang putih). Sobat letakkan benangnya ke dalam sekat pada nomor 7. 



8. Tutup tempat sekoci. 




9. Masukkan kain, turunkan sepatu. Kemudian sobat bisa menghidupkan mesin jahitnya jangan lupa pedalnya juga dipasang (buat di kaki). Kemudian sobat tekan pedal dengan kaki dan mesin jahit akan menjahit seperti gambar di atas. Oh iya mesin jahit ini memang tidak bisa mengunci jahitan, jadi sobat jahit dulu sekitar 3 cm kemudian kainnya dibalik (naikkan dulu sepatunya) terus dibalik lagi, baru jahitannya akan terkunci. 


Gerakan benang pada mesin jahit mini portable S2:




Itu tadi tips-tips dari saya, semoga membantu sobat yang mengalami permasalahan yang mirip dengan saya. Mesin jahit ini memang sangat berguna bagi para newbie seperti saya yang belum pernah make mesin jahit sebelumnya. Alhamdulillah setelah mahir menjalankan si mesin jahit mini ini saya sekarang sudah bisa mengoperasikan mesin jahit portable yang besar. Nantikan postingan saya selanjutnya dengan my new sewing machine ya sobat...see u...

Courtesy: youtube.com

Gambar:https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5kbRlcQ5PYfrO9C96Xmn-Y6BtQo4Bo26HCQLtcqjpMkCdbyQW1cUDLcXkWvCfIM-oxS6QCBNBRFWdq3QZgwU9S0_LMJxIRHPA-JhjSzXAbLSpr80nwZO25udusUQQZc-NW_UBKWH_fFg/s1600/minisewingmachinels2020.jpg

Artikel Terkait

147 comments:

  1. Mb mesin jht pottble ini bgus ga hsl jhtanny dan gampng rsk ga

    ReplyDelete
  2. Selama saya belajar jahit sie lumayan bagus mba...cm menurut saya memang ga sebagus mesin jahit yang lebih mahal. Untuk pemula seperti saya, mesin ini lumayanlah..:) trs sampe sekarang belum rusak mba..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mb mesin jht ny bs jht busa yang di pet jlbab ga y mb

      Delete
    2. Mb mesin jht in bs jht busa yg pet jlbab ga ya mb

      Delete
    3. mungkin bisa ya mbak...cuma menurut saya mesin jahit ini kurang bagus untuk menjahit yang bahannya agak tebal.....

      Delete
  3. Mba ngalamin jg jahitannya ga bisa ngiket??sy uda pelajari dr awal.dn bbrp kali make ga mslh.ko skrg tb2 ga bisa ngiket lo dpake jahit.apa uda rusak apa gmn ya??blm jg 1 th msa rusak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mbak ayu: memang mesin jahit ini ga bisa buat jahit maju mundur mbak, sehingga ga bisa ngiket. Itu ga rusak kok mbak...Untuk mengikat jahitan mbak perlu jahit lurus sekitar 4cm terus kainnya dibalik jahit sedikit, terus dibalik lagi nah nanti jahitannya akan mengikat dengan sendirinya. Jika mba mau mesin jahit yang ada tombol maju mundurnya mba bisa lihat-lihat mesin jahit yang lebih tinggi kualitas dan tingkatannya. Saya beli mesin jahit ini juga buat belajar karena masih awam. Alhamdulillah saat ini saya sudah ga 'asing' lagi sama mesin jahit dan bagian-bagiannya. Insya Allah rencana mau beli mesin jahit beneran..hehe #Maafbarubalas

      Delete
    2. Mbak monica.. Ini kasus saya juga sama. Sudah tak bolak balik tetap saja tidak mengikat..mohon bantuannya..

      Delete
    3. masalah saya samaaaaa...benang atas dan benang bawah ga mau ngikat. tapi udah berhasil ngulik2nya.. coba cek disini ya caranya ya.. moga membantu

      http://els-mom.blogspot.co.id/2016/05/mesin-jahit-portable-mini-s2-bermasalah.html

      Delete
    4. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  4. sekarang mesin jahit s2 ada varian warnanya sis , warna orange , buat yg bosen sama warna putih bisa koleksi ini . saya setuju dgn mbak monica , mesin jahit ini cocoknya u/ pemula yg blm ngerti sama sekali ttg dunia menjahit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip...memang mesin jahit ini untuk yang belum pernah megang mesin jahit sebelumnya....thanx infoh

      Delete
  5. Tlg ksh tau cara pasang jarum yang benar krn jarum nya patah,trs knp benang bawah sma atas ga nyangkut,kainnya tetep jalan tapi tanpa benang cm bolong2 aja kainnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mbak selama ini mesin jahit saya belum pernah patah jarumnya hehe jadi belum bisa ngasih solusi. Mungkin mbak bisa searching untuk mengganti jarum jahit. Iya mbak kalau jarumnya ga nyangkut itu biasanya karena benang jahitnya kurang panjang ditari keluarnya mbak...coba sekitar 15-20cm insya Allah ga masalah, dan caranya masang benangnya sudah benar (sesuai tutorial)

      Delete
    2. iya bener mesin saya juga kain nya cuma bolong"doang.gabisa jahit gimana yah.saya udah coba gonta ganti jarum.tutorial semua udah bener.tapi masih gabisa buat jahit juga .gimana ya benerinnya

      Delete
  6. Aq baru punya itu mesin jahit, tp knp kok saya bingung ngatur jarak antar benangnya ya?
    Krn jahitnya selalu jarak besar2.. Kasih pencerahan donk mbak... Mksh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak pakai mesin jahit merek apa mba??untuk mesin jahit mini ini memang tidak ada pengaturan jarak antar benang coz mesin jahit ini benar-benar untuk pemula yang tidak pernah menjahit sebelumnya. Jika mbak punya mesin jahit yang tingkatannya lebih tinggi seperti butterfly atau janome ada kok mba tombol buat pengaturan jarak antar benang...:)

      Delete
    2. Mini portable saya awalnya baik" aja, jaraknya pas gak terlalu lebar atau sempit. Tapi sekarang jadi gak ada jaraknya seperti titik" yg berdempetan tanpa spasi.

      Delete
  7. @all: maaf sobat karena komentnya baru dibalas, Insya Allah mau pasang widget khusus koment, terima kasih sudah berkunjung...^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada foto / tutorial y ga bt pasang bobbin mesin jahit mini.. Soal y q dah pusing 7 keliling. Ga bisa2.. mohon bantuan y mba.. mksh

      Delete
  8. Koleksi mesin jahit mini harga diskon bisa cek disini gan/sis...
    http://ho.lazada.co.id/SH85qq

    ReplyDelete
  9. Q pnya mslh kyk mba monica,, sekoci y lepas. Ada foto / tutorial ga bt pasang sekoci di mesin jahit mini.. Soal y dah pusing 7 keliling ga bs kepasang tu sekoci.. Padahal lg dibutuhkann. Tolong y mba bantuan y.. Thax

    ReplyDelete
  10. @fajar: oke insya Allah besok saya fotokan ya.....

    ReplyDelete
  11. Sudah saya taruh di postingan ya...terima kasih sudah berkunjung....^_^

    ReplyDelete
  12. Mksh bgt mba foto y... Sangat membantu sy. Skrg mesin jahit y dah lancar... Dah bs dpkai... :-))

    ReplyDelete
  13. Mbak..mesin jahit mini saya gak bisa keluar jahitannya mbak.letak sekoci udah benar,mesin jalan,tapi waktu menjahit,kain tidak terjahit,banang yg keluar lurus tidak menjahit.kira2 solusinya gmn ya mbak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada di video youtube yang saya post embed-nya...oke nanti saya fotokan tahapan-tahapannya ya mba..insya Allah

      Delete
    2. coba benang ditarik kurleb 10 cm, supaya jahitan tidak lepas..

      Delete
    3. masalah saya samaaaaa...benang atas dan benang bawah ga mau ngikat. tapi udah berhasil ngulik2nya.. coba cek disini ya caranya ya.. moga membantu

      http://els-mom.blogspot.co.id/2016/05/mesin-jahit-portable-mini-s2-bermasalah.html

      Delete
  14. Mbak..mesin jahit mini saya baru.saya brlum paham dgn medin jahit,letak srkoci sudah benar,mesin jalan,tapi waktu digunakan menjahit,kain tidak terjahit,benang yg keluar lurus saja mbak..kira2 gmn solusinya ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba benang ditarik kurleb 10 cm, supaya jahitan tidak lepas. Terus jangan lupa benang atas diletakkan di samping kanan sepatu ya mba...

      Delete
  15. Mbak mesin jahit mini saya kok gak nyatu benang atas dan benang bawah.hasilnya kain tidak terjahit.kira2 salahnya dimana ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya taruh di postingan ya mba...selamat mencoba...^_^

      Delete
    2. masalah saya samaaaaa...benang atas dan benang bawah ga mau ngikat. tapi udah berhasil ngulik2nya.. coba cek disini ya caranya ya.. moga membantu

      http://els-mom.blogspot.co.id/2016/05/mesin-jahit-portable-mini-s2-bermasalah.html

      Delete
  16. oke mbak...sebentar ya, oke insya Allah nanti saya fotokan tahap-tahapannya...

    ReplyDelete
  17. kasus saya sama dengan ibu rina, dan sudah mencoba tahapannya dalam postingan ini tp benang yang di skocinya tidak jalan2 jadi tidak bisa menjahit, tolong pencerahannya lagi

    ReplyDelete
  18. kasus saya sama dengan ibu rina, dan sudah mencoba tahapannya dalam postingan ini tp benang yang di skocinya tidak jalan2 jadi tidak bisa menjahit, tolong pencerahannya lagi

    ReplyDelete
  19. untuk gambar no 7... benang pada spull skoci yang diselipkan di celah.. apakah benangnya lgs dr secoci atau melalui lubang dibawah spatu benang lalu diselipkan ke celah seperti pada gambar... trm kasih

    ReplyDelete
  20. @ade marsudi: untuk langkah no 7, benang sekoci adalah benang yang berasal dari spull di dalam sekoci, benangnya dimasukkan ke dalam celah pada no.7 saja itu sudah bisa dipakai untuk menjahit dengan syarat, langkah 1-6 sudah benar. Terutama benang dalam jarum cara memasukkannya dari kiri ke kanan dan diletakkan di sebelah kanan sepatu. Nanti benang dalam spul akan terpancing dengan sendirinya sehingga akan keluar melalui celah dekat sepatu. NB: untuk menjahit kita perlu menarik benangnya sepanjang kira-kira 15 cm agar tidak lepas, baik di jarum maupun di spull.^_^

    ReplyDelete
  21. Mbak..setelah saya coba2 lagi...ternyata masalahnya tidak di tahapan pemasangan benang mbak..semua sudah sesuai dengan tahapan yg mbak posting kan,masalahnya ternyata di sekoci.benang yang turun dari jarum tidak mengait benang yg dari sekoci..sehingga kain tidak terjahit.padahal letak sekoci sudah benar.bisa minta tolong fotokan benang pada saat berputar di sekoci mbak..?kayaknya benang atas akan
    mengelilinggi sekoci,sedangkan di mesin jahit saya, benangnya gak berputar..
    duh..maaf merepotkan mbak..tp saya sangat penasaran,hehe..

    ReplyDelete
  22. Maaf letak sekocinya apakah sudah benar? nanti saya coba fotokan ya...

    ReplyDelete
  23. Kayaknya sudah mbak,saya lihat2..klo jarum turun ke bawah, benang tidak terkait sama sekali dengan benang yg di sekoci,shg kain tidak terjahit. Apakah benar mbak..seharusnya benang atas berputar mengitari sekoci dan menangkap benang yg ada di sekoci,kemudian membawanya keatas dan membentuk ikatan seperti terjahit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ngalami seperti tu mb... Tlong pencerahannya

      Delete
  24. maaf mbak saya belum sempat fotokan karena terlalu susah motonya....iya seharusnya jarum atas memancing benang di sekoci supaya benang dalam sekoci tertarik keluar seperti benang putih pada tahap ke-6 yang keluar dari lubang bawah jarum...sebelumnya sempat bisa jahit ga mbak?

    ReplyDelete
  25. Sebelumnya bisa jahit mbak.tp karena ngutak atik letak sekoci,jadinya kain gak terjahit.iya memang susah motonya klo mesinlagi berjalan.ok deh mbak nanti saya coba2 lg...manatau berhasil..trima kasih banyak mbak...sudah dapat pengetahuan untuk menjahit....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak sudah bs mengatasinya? Sedang mengalami hal yg sama nih. Pdhl br beli 3harian

      Delete
    2. Mbak saya jg punya permasalahan yg sama dgn bu rina. Mun pencerahan. Pdhl letaknya sekoci sdh betul.

      Delete
    3. Mbak mhn pencerahan, permasalahan sy sm dgn bu rina. Semua letak sdh benar sesuai tutorial tp tdk mau terkait benangnya, jd hanya lurus saja.

      Delete
    4. mba gimana punya saya juga gitu.cuma bolong"di kain.gabisa nuat jahit.benang atas nya ga nyangkut di skoci.benerin nya gmana?

      Delete
    5. saya juga sama kaya gitu.. apa semua jg ya ga ada yg berfungsi :(

      Delete
    6. masalah saya samaaaaa...benang atas dan benang bawah ga mau ngikat. tapi udah berhasil ngulik2nya.. coba cek disini ya caranya ya.. moga membantu

      http://els-mom.blogspot.co.id/2016/05/mesin-jahit-portable-mini-s2-bermasalah.html

      Delete
    7. oh ini sis yg punya blog tadi yaa hehe, makasih yaa besok aku coba skrg dah malem haha

      Delete
  26. saya coba uplodkan video ya mbak.....btw coba pasang sekocinya seperti gambar yang pernah saya foto sebelumnya, siapa tahu karena pemasangan sekoci yang salah jadi tidak mau terjahit kainnya....sama-sama mbak senang bisa membantu :)

    ReplyDelete
  27. Masalah saya juga sama persis dengan mbk rina dianti. Sekoci sdh dipasang sesuai gambar tp benang atas dan bawah tidak bisa nyangkut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika sudah seperti gambar masih tidak bisa nyangkut, saya kurang mengerti cara memperbaikinya...maaf ^_^v

      Delete
    2. Kok bnyk yg punya permslhn yg sama y dg bu rina...sy jg, udh 2 hr di utak-atik gk bs2
      Tlg share yg sdh ketemu solusinya y...tx b4

      Delete
    3. masalah saya samaaaaa...benang atas dan benang bawah ga mau ngikat. tapi udah berhasil ngulik2nya.. coba cek disini ya caranya ya.. moga membantu

      http://els-mom.blogspot.co.id/2016/05/mesin-jahit-portable-mini-s2-bermasalah.html

      Delete
  28. Mba apa pernah mengalami benang bagian bawah hasil jahitannya ngruwel ,mengumpal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah mbak..mungkin itu juga salah satu kelemahan mesin jahit ini. Jahitannya suka ngeruwel di bawah....:D

      Delete
  29. Gimana ya mbak, cara memperbaiki jahitanya yg bawahnya suka ngruwel? letak sekoci nya atau saya harus bongkar mesinnya ya? Padahal saya bru beli mesin jahit merek kris di acehardware ,,mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  30. ngeruwel itu biasanya karena kainnya terlalu tipis atau terlalu tebal mbak...memang kelemahan mesin jahit ini salah satunya disitu mbak....kalau mesinnya dibongkar saya belum pernah dan takutnya ga bisa masangnya lagi hehe....

    ReplyDelete
  31. udah coba otak atik sekocinya tp begitu di jahit kainnya, benang atas ama benang bawah( dari sekoci) begitu ditarik langsung lepas semua. Jadi gak mengikat dengan sempurna , mohon pencerahan....

    ReplyDelete
  32. coba diikuti dulu petunjuk di atas mba...kemungkinan letak sekocinya kurang pas...

    ReplyDelete
  33. Mba, mau tanya klo mengakhiri jahitan gmn ya? Dan apakah sudah otomatis mengunci jahitan sendiri?

    anyway, makasi banyak ya tutorialnya.. jd ngerti pdhal sblumnya ga pernah pegang mesin jahit... tengkyu..

    ReplyDelete
  34. alhamdulillah..sama-sama mbak...hehe. Jadi mesin jahit ini memang tidak otomatis mengunci jahitan dikarenakan belum ada tombol maju mundur untuk mengunci jahitan. Untuk mesin jahit yang tingkatannya lebih tinggi misal butterfly/janome/singer dan memiliki tombol maju mundur maka bisa otomatis mengunci jahitan.Jadi untuk mesin jahit ini menguncinya mba musti menjahit maju dulu +- 2 cm terus kainnya di balik biar bisa terkunci....memang agak ribet sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba maaf bisa diterangkan maksudnya "dibalik" apa? Agak ambigu, dibalik yg atas kebawah dan sebaliknya, atau diputar sisi depan ke blakang?? Oia jarum saya patah, utk gantinya hrs beli jarum yg gmn?

      Delete
    2. maaf ambigu..maksud saya diputar sisi depan dan sisi belakang mba.....hmmm..mungkin bisa diganti dengan jarum yang tipenya sama mba, hanya saja saya kurang paham karena belum pernah ganti jarum mba...

      Delete
  35. mba monica,bisa minta tolong fotokan saat sekoci sudah ditaruh kearah mana dulu saya harus menarik benang"y,langkungan no 2 dan 4 saya bingung?tetap saja benang pd sekoci tidak dpt terkait oleh benang dr jarum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mba nirmala: jadi gini mba....sekoci itu tempat yang berwarna hitam itu. Nah, d sekoci mba itu kan ada cekungan 4 buah (seperti foto saya) terus mba pasang dulu jadi cekungan ke 2 sama ke 4 itu karena jika salah pasang (di cekungan lain) sekocinya jadi ga pas mba...nah nanti setelah sekoci dipasang baru mba nir bisa memasang spull (tempat benang) pada langkah k enam. Spull ditaruh biasa saja, hanya saja benang diselipkan di sekat no 7, nanti ketika mesin jahit dijalankan benang akan naik dengan sendirinya mba...

      Delete
  36. mba bisa fotokan pd saat sekoci sudah ditaruh kearah mana saya haru menarik benang?lengkungan 2 dan 4 saya bingung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba coba diikuti tips di atas. Jika sekocinya sudah benar. Mungkin permasalahannya ada di benang yang kurang dipanjangkan kurleb 10 cm supaya jahitannya tidak lepas....

      Delete
  37. mba bisa tolong fotokan setelah sekoci sudah ditaruh ke arah mana saya harus menarik benang terlebih dahulu?lengkungan 2 dan 4 saya bingung?tetap saja benang pd sekoci tdk dpt terkait oleh benang dr jarum?mohon bantuan'y mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba coba diikuti tips di atas. Jika sekocinya sudah benar. Mungkin permasalahannya ada di benang yang kurang dipanjangkan kurleb 10 cm supaya jahitannya tidak lepas....

      Delete
  38. Masalah mj saya sama,, benang atas tdk terkait k benang bawah, td malem coba d bongkar tp blom bs berfungsi baik,, hiks,,
    Benang sekoci bawah pun g harus bingung taromd lengkungan mana, yg penting benangnya d selipin d garis, d lebihin 3 cm, pasti tar e kait sama benang atas saat mesin d oprasikan
    d atas ad bbrp postingan ttg benang menggumpal d bawqh kain, itu bukan krn kekurangan Mj nya, tp krn masang benag atas HARUS lewat jepitan per d atas agar benang tdk berlebihan jadinya
    Smoga membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...terima kasih penjelasannya..:)

      Delete
    2. maksudnya benang harus lewat jepitan per tuh gimana ya? makasih

      Delete
  39. wouw sangat lengkap sekali tutorialnya, gambarnya juga jelas dan mudah dimengerti. terima kasih sudah sharing sangat bermanfaat. sukses selalu :)

    ReplyDelete
  40. hai mbak monica, makasi tipsnyaa yaa.. kebetulan saya juga baru beli mesin jahit mini.. masih belajar bangeet ini hehe

    ReplyDelete
  41. halo.. mau tanya sis.. saya ada beli yg tipe 202, pertama dibuat jahit ga masalah tiba2 waktu jahit benangnya ngeruwel jadi saya gunting, dan dicoba ulang. dari situ hasil jahitannya loncat2.. koq bs gitu yah sis? ada cara buat memperbaiki ga?

    ReplyDelete
  42. mba gimana punya saya juga gitu.cuma bolong"di kain.gabisa nuat jahit.benang atas nya ga nyangkut di skoci.benerin nya gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah saya samaaaaa...benang atas dan benang bawah ga mau ngikat. tapi udah berhasil ngulik2nya.. coba cek disini ya caranya ya.. moga membantu

      http://els-mom.blogspot.co.id/2016/05/mesin-jahit-portable-mini-s2-bermasalah.html

      Delete
  43. mbak, numpang tanya..saya baru beli mesin jahit mini spt punya mba..pas awal makai benangnya muter, tapi skrg kalau di atas kain benangnya ga muter lagi..saya coba buka tutupan skoci nya dan lihat cara kerja mesin, kalau tanpa kain benangnya muter dan ngait benang yg ada pada skoci bawah, tapi ketika dicoba dg kain benangnya ga muter lagi..apa mba punya solusi dg masalah saya? trimakasih sblmnya.

    ReplyDelete
  44. Gak cocok buat pemula... Susah bgt makenya.. Masalah saya sama kainx cma bolong2 doang

    ReplyDelete
  45. Benangnya suka putus-Putus itu kenapa yah?

    ReplyDelete
  46. Salam kenal mbak,
    Mau tanya ni, saya pakai mesin jahit mini s2, knapa ya benang yg bawah gk mau ketarik, biasanya skali putar yg benang bawah otomatis ktarik, tapi tadi udah dicoba berkali2 gk bsa itu awalnya habis jahit trus bunyi ''CETAK'' kyak slip gitu. Nah stlah kjadian itu gk bsa dipakai jahit lagi deh, kasih solusi dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah saya samaaaaa...benang atas dan benang bawah ga mau ngikat. tapi udah berhasil ngulik2nya.. coba cek disini ya caranya ya.. moga membantu

      http://els-mom.blogspot.co.id/2016/05/mesin-jahit-portable-mini-s2-bermasalah.html

      Delete
  47. Salam kenal mbak,
    Mau tanya ni, saya pakai mesin jahit mini s2, knapa ya benang yg bawah gk mau ketarik, biasanya skali putar yg benang bawah otomatis ktarik, tapi tadi udah dicoba berkali2 gk bsa itu awalnya habis jahit trus bunyi ''CETAK'' kyak slip gitu. Nah stlah kjadian itu gk bsa dipakai jahit lagi deh, kasih solusi dong

    ReplyDelete
  48. Masalahnya sama mbk benang g mau terkait. Dan. Tempat benang no 7 yg di gambar itu di mesin saya tdak ada. Padahal sama tipenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama,, punya saya jg ga ada sekat no 7.. blm bisa jahit,, ga mau ngait benang atas bawah

      Delete
  49. maaf mba ... sya mau tanya .. skoci benang ats gimana cara ganti nya ya .. apa pake obeng kecil yah ???

    ReplyDelete
  50. ka mau tanya,, gimana cara ganti kumparan benag yg atas ya ,, apa paka obeng ?

    ReplyDelete
  51. Mba mau tanya kalau mesin ada suaranya tapi, gk bisa jalan itu apanya ya,,Trimakasih

    ReplyDelete
  52. mbak mau nanya kenapa ya benang nggak gabung, jadi puyeng ni barang baru datang dites nggak bisa nyatu..mohon bantuannya mbak..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah saya samaaaaa...benang atas dan benang bawah ga mau ngikat. tapi udah berhasil ngulik2nya.. coba cek disini ya caranya ya.. moga membantu

      http://els-mom.blogspot.co.id/2016/05/mesin-jahit-portable-mini-s2-bermasalah.html

      Delete
  53. Ada yang pernah pake baterai gak ya.. ? Saya pasang baterai selang-seling (+|-) AA tp kok gak bisa jalan ya.. ? Terima kasih

    ReplyDelete
  54. Barang cacat ni
    Punya gw juga benang atasnya ga nyangkut sama benang bawah , cuma bolong bolong doang
    Tapi gw liat skocinya muter benangnya juga ketarik
    Jadi ini intinya benang bawahnya ngeloss gitu
    Ane sampe 5 jam ngakalinya ga bisa bisa
    Dan anehnya kalo buat jahit bahan yg tipiiiiss banget atau kain transparan itu benang kejahit
    Rapih dah hasilnya , tapi giliran di pakai di kain yg agak tebal kaya baju seragam sekolah hasilnya loncat loncat lagi
    Solusinya dong , mau kompain ngerinya ane make nya yg salah dan ongkir balikinya juga mahal
    Mau ga komplain tapi ga bisa di pake

    ReplyDelete
  55. masalah saya samaaaaa...benang atas dan benang bawah ga mau ngikat. tapi udah berhasil ngulik2nya.. coba cek disini ya caranya ya.. moga membantu

    http://els-mom.blogspot.co.id/2016/05/mesin-jahit-portable-mini-s2-bermasalah.html

    ReplyDelete
  56. Haii.. Ikut coment yaa mba..
    Aku jg pakai S2, belum ada masalah sih sampe sekarang..
    *untuk jarum patah: pertama angkat jarum ke atas menggunakan pemutar yang disebelah kanan. Kemudian putar baut yg ada disebelah jarum sampe longgar dan jarum lepas. Kemudian masukkan jarum baru dan kencangkan kembali bautnya..
    *untuk masalah benang yg tidak terikat, biasanya karena pemasangan skoci bawahnya salah letak..
    Caranya supaya benang mengikat, pasang benang bawah kemudian tarik ke depan mesin jahit, kemudian tarik benang atas ke arah yg sama. Setelah itu injak pedal beberapa kali sampai terjadi simpul antara kedua benang. Kemudian dengan menggunakan gunting (atau sesuatu yg bisa menarik benang) tarik benang dari bagian bawah jarum. Kemudian coba mulai menjahit, maka benang akan terikat..

    Biasanya aku gunain cara seperti.. Semoga membantu ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas masukannya mba....semoga bermanfaat buat semuanya ^^

      Delete
  57. Maaf mbak mau tanya gimna cara mengganti bnang yang ada di kumparan ungu? Terimakasih

    ReplyDelete
  58. Maaf mbak mau tanya gimna cara ganti henang yang ada di kumparan ungu

    ReplyDelete
  59. Mba aku baru beli mesin jahit mini, tp pas d coba kok susah banget ya kainnya jalan mesti ditarik kenceng alias seret banget. Klo gitu knpa ya mba? Mohon solusinya ya mba.

    ReplyDelete
  60. Mb cara memasukkan benang pada spull itu gmna y.kok q gk msuk2.

    ReplyDelete
  61. Mb cara memasukkan benang pada spull itu gmna y.kok q gk msuk2.

    ReplyDelete
  62. mba ko punya saya baru bli awal lancar" saja eh skrg gak bisa ngiket,knp ya?

    ReplyDelete
  63. Mbak, saya selalu bermasalah dengan hasil jahitan yg berkerut. Apakah solusinya? Terima kasih

    ReplyDelete
  64. Mbak mau nanya, untuk jarum nya biasanya pake yang merk apa buat mesin jahit mini portable ini? Soal nya saya beli merk singer 14/90 ngga bisa masuk ke lubang tempat jarum nya

    ReplyDelete
  65. Nah kalo mesin jahit saya lain masalahnya, pas saya pake buat jahit sprei (agak ketebalan sih pas di bagian jahitan) eh tiba-tiba ngadat mesinnya gak mau berputar, kira-kira apanya ya yang rusak, mbak? Tiap pedal saya injak cuma bunyi ngeek aja, gak jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm...memang mesin jahit ini kurang pas buat kain yang tebal mba....hehe jadi kemungkinan mesin jahitnya ga kuat.

      Delete
  66. Nah kalo mesin jahit saya lain masalahnya, pas saya pake buat jahit sprei (agak ketebalan sih pas di bagian jahitan) eh tiba-tiba ngadat mesinnya gak mau berputar, kira-kira apanya ya yang rusak, mbak? Tiap pedal saya injak cuma bunyi ngeek aja, gak jalan.

    ReplyDelete
  67. Mbak mesin jahit saya jg kek gt gak bs jahit mbak,,,berhari2 di cobain cara yg mbak ajarin tetep deh kaga bs mbak,,,stlh d teliti keknya jarumnya gak di tengah lubang mbak,,jd ke halang sm pengait benang yg di bawah,,jd gmn cara benerin jarum mesin yg gak di tengah mbak,,apa mesti bongkar mesinnya mbak,???

    ReplyDelete
  68. Mesin jahit saya beda lg mslah nya mbak,,stlh di praktekin tutorial yg mbak posting ehhh ternyata mesin saya ini jarumnya gak di tengah lobang letaknya mbak..jd pas turun kebawah kehalang sm pengait benang di bawah mbak jdnya ga bs ngejahit..jd gmn solusinya mbak biar jarumnya di tengah,,apa mesti di bongkar dl mesinnya mbak

    ReplyDelete
  69. buat yang frustasi tidak bisa nyatu benangnya bisa coba ini
    https://ruyong888.blogspot.com/2017/03/memperbaiki-mesin-jahit-mini-yang-tidak.html

    ReplyDelete
  70. met sore. Numpang nanya ya, saya baru beli mini sewing 201(via online). Tapi, setelah saya coba mesin bunyi tapi koq bisa jalan. Mungkin, mbak bisa memberi pencerahan? Thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bongkar dan cek apakah gigi pada motor sudah engage(nyantol) pada gigi lawannya. kadang kena goncangan atau pasang kurang pas bisa bikin gigi ga nyantol sehingga bunyi tapi ga jalan

      Delete
  71. mbak ,, aq pakai mesin jahit mini. waktu itu aq mw ngisi ulang sekoci. tapi semua benang atas dan bawah serta jarum ga aq lepas. terus aq hidupinn. dah agak lama tiba tiba dia macet ti ga mw mutar kagi.. serettt gitu mutar ny yang besar deket tempat nyantolin kalo mw isi ulang sekoci.. gimana ya mbk solusinya.

    ReplyDelete
  72. mba saya mau nanya, apa y penyebab pas tekan tombol on atau pedalnya tapi tidak jalan mbak, pas ditekan lampunya langsung mati & mesin gk jalan.pas dibiarkan lampunya hidup lg. apa ada yg konslet y? padahal masih baru :(
    ada solusinya y mba.. trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  73. Mau tanya ,knapa ya ko mesin jahit mini ini ga bisa buat jahit buat kaos ???

    ReplyDelete
  74. Mau tanya ka, mesin ini ko ga bisa jahit buat kaos ya?

    ReplyDelete
  75. Mesin jahit mini saya juga banyak masalah baru umur sehari jarum bengkok, terus saya ganti, eh jarum patah sampai 2x, terus benang atas bawah g bs nyatu. Akhirnya saya pasang jarum lagi lebih saya tekan dan benang juga bs bersatu. Tp masalahnya ganti jahitannya loncat2 gak teratur, kenapa ya.. Jd pusing ini, benang di per atas sudah benar n sesuai tutorial semua. Mau belajar kok banyak masalah gini

    ReplyDelete
  76. Mesin jahit mini saya juga banyak masalah baru umur sehari jarum bengkok, terus saya ganti, eh jarum patah sampai 2x, terus benang atas bawah g bs nyatu. Akhirnya saya pasang jarum lagi lebih saya tekan dan benang juga bs bersatu. Tp masalahnya ganti jahitannya loncat2 gak teratur, kenapa ya.. Jd pusing ini, benang di per atas sudah benar n sesuai tutorial semua. Mau belajar kok banyak masalah gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
    2. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  77. Assalamualaikum mba...
    Sya bru punya mesin jahit mini blm tau cara pakainya mohon bimbingannya mba...mks 🙏🙏

    ReplyDelete
  78. Mesin jahit ini bisa pakai sepatu yang lain g mba?

    ReplyDelete
  79. Mau nanya mba,mesin jahit mini portabel itu harus pake batre kalau mau nyala atau nggak usah pake batre...soal ny pake adaptor tidak nyala mesin ny

    ReplyDelete
  80. tks infonya, mhn tipsnya jg dong, gmna agar hsl jahitan benang bawah sperti benang atas (benang masuk ke dlm kain) krn hsl jahitan saya, benang bawah seperti hanya membentuk garis lurus aja (tdk mask ke kain) tks

    ReplyDelete
  81. Terimakasih artikel nya sangat bermanfaat, jika berkenan silahkan kunjungi website kami :
    Daftar harga Mesin jahit dan Mesin jahit portable 2022

    ReplyDelete

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Pengunjung Blog

Labels

A EKMET (1) A MACRO (1) A MATEK (1) A MENULIS (1) A MICRO (1) ENGLISH (13) ISLAMI (9) KISAH (24) KUE (2) KULINER (3) LEARNING (23) Menjahit (6) MONICLENS (8) MY CREATION (12) MY LOVELY FAMILY (17) NGAJI (1) NOSTALGIA (14) PUISI (7) RESENSI FILM (6) STORY (38) TAJWID (1) TESTIMONI (2) TIPS dan TRICK (16) TRAVELLING (40) TSAQOFAH (1) Umar (9)

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Monica Oktavina. Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter

Flag Counter

About Blogger

Hello guys, I am a mother of two kids, hopefully this blog useful for you, do not forget to follow this blog to get more information ^_^ (Instagram: moniceoktavina12. Youtube: Monica Oktavina) Contact Us: moniceoktavina@gmail.com

PRIVACY POLICY

Copyright © Monice and Family | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com