Friday, October 17, 2014

Ketika Adikku Zulmi Ingin Masuk Kuliah (1)

Zulmi adalah adik keduaku yang berumur 17 tahun. Dia tumbuh menjadi seorang pria ABG yang rupawan. Di tahun 2014 ini, dia menghadapi masa-masa kegalauannya yang cukup berat. Aku sebagai kakak yang walaupun berada jauh darinya mengerti banget apa yang dia rasakan . Awal tahun 2014 dia memulai babak penentuan masa depannya. Yups, dia akan menghadapi ujian nasional yang berlangsung pada bulan April 2014. Aku tahu apa yang dia rasakan, karena 8 tahun yang lalu aku mengalami hal yang sama. Masa-masa yang ga akan pernah aku lupakan, dimana pada saat itu rasa takut, gerogi, dan sedikit pesimis selalu menggelayut di pikiranku. Tapi semua itu kutepis dengan berikhtiar, berdo'a juga tawakkal kepada Allah SWT. Pengalaman yang pernah aku dapatkan itu membuatku agak ketar-ketir "bisa ga ya adikku melewatinya??" . Apalagi aku jauh dari adikku..mau mengajarkannya lewat telepon tapi aq sudah lupa..Hmm aku bingung...Akhirnya aku hanya bisa memberikannya sebuah buku yang berjudul "99% Lulus UN SMA IPA 2014".


Buku itu aq beli di Gramedia, Kota Gorontalo saat aq ada pelatihan di kota. Aq tidak sembarangan memilih buku itu, karena buku itu adalah buku yang menurutku jawabannya paling bagus. Parameter yang aku gunakan waktu memilih buku itu adalah pelajaran biologinya (yang masih aku ingat hingga sekarang). Di buku-buku lain sering aku jumpai ada beberapa kunci jawaban yang salah, misalnya saja pertanyaan tentang "Yang manakah gambar proses pembelahan sel pada tahap Metafase?" Nah jawabannya itu ga sesuai gambar. Harusnya metafase kan saat kromosom berada di daerah equator, eh di kunci jawabannya malah si kromosom sudah ada di daerah kutub (anafase). Dan masih banyak lagi yang aku koreksi jawabannya kurang tepat. Daan, buku yang aku pilih di atas tidak kutemukan kesalahan sama sekali #mudah-mudahan di pelajaran lainnya juga ga ada, haha  . Anyway, aku langsung deh bayar buku itu ke kasir, dan beberapa hari kemudian aku kirim ke Bali. Alhamdulillah si buku nyampe dengan selamat. Adikku senang sekali dapat buku itu sampai-sampai dia ganti profpictnya di FB dengan pose sambil memegang buku itu. Oh iya sebelumnya aku juga sempat ngasih dia buku-buku seperti rangkuman gitu per mata pelajaran waktu aku liburan di Bali tahun 2013 lalu.

Saat mendekati ujian nasional, dia sering libur semacam minggu-minggu tenang gitu buat belajar di rumah, dia pun pulang ke Denpasar. Begitu sampai di rumah, dia sering sms-an sama aku buat nanya-nanya dan curhat-curhat ke aku. Saat itu aku tahu dia sedang g.a.l.a.u....

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Pengunjung Blog

Labels

A EKMET (1) A MACRO (1) A MATEK (1) A MENULIS (1) A MICRO (1) ENGLISH (13) ISLAMI (9) KISAH (24) KUE (2) KULINER (3) LEARNING (23) Menjahit (6) MONICLENS (8) MY CREATION (12) MY LOVELY FAMILY (17) NGAJI (1) NOSTALGIA (14) PUISI (7) RESENSI FILM (6) STORY (38) TAJWID (1) TESTIMONI (2) TIPS dan TRICK (16) TRAVELLING (40) TSAQOFAH (1) Umar (9)

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Monica Oktavina. Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter

Flag Counter

About Blogger

Hello guys, I am a mother of two kids, hopefully this blog useful for you, do not forget to follow this blog to get more information ^_^ (Instagram: moniceoktavina12. Youtube: Monica Oktavina) Contact Us: moniceoktavina@gmail.com

PRIVACY POLICY

Copyright © Monice and Family | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com