Tuesday, March 25, 2014

Mimpi -> Menjelajah Paris, Perancis

Paris adalah kota dengan seribu pesona, katanya Paris adalah kota teromantis di dunia...pasangan manapun pasti ingin menginjakkan kaki di sana. Tak terkecuali saya...impian terhadap Paris merupakan satu dari beribu impian yang ingin saya raih. Hihihi....Awal mula saya ingin ke Paris adalah setelah membaca novel Edensor karya Andrea Hirata (ABG banget). Alur ceritanya mengajakku berimajinasi akan indahnya kota tersebut. Kota yang tak hanya terkenal keromantisannya, kemodisannya, tapi juga karena ilmu pengetahuannya serta Universitasnya yang terkenal, Sorbonne. Bahkan ada yang bilang belumlah ke Eropa jika tidak berkunjung ke kota Paris. Ini menunjukkan betapa istimewanya kota dengan tatanan yang begitu indah ini. Kapan yaa impian itu bisa tercapai?? nabung dulu kali yaaa, hehe...tapi saya yakin suatu hari nanti bisa ke sana....


Menara Eiffel merupakan objek wisata yang populer di Paris. Salah satu simbol keromantisan...dengan gemerlap lampunya yang memancarkan cahaya keemasan di tengah malam semakin menambah romantisnya pasangan yang datang ke sana. Belum lagi jika naik ke puncak menaranya dan melihat keindahan kota Paris bersama pasangan. Hmm...romantis bukan??Pastinya akan menjadi moment yang tidak akan terlupakan seumur hidup. 

Menara Eiffel ini merupakan sebuah menara besi yang telah dibangun pada tahun antara 1887 dan 1889 di Champ de Mars yang berada di tepi sungai Sene di Paris , Perancis. Awalnya sang perancang menara Eiffel ini menginginkan untuk membangun menara di Barcelona. Tapi sayangnya rencana tersebut gagal karena dianggap mahal dan kurang menarik sehingga menuia berbagai kritikan. Kemudian Eiffel tidak putus asa, dan membawa drafnya ke pihak penyelenggara pameran Universal di Paris. Yang kemudian menyetujui dan melakukan pembangunan menara ini pada Tahun 1989. Menara yang diresmikan pada tanggal 31 Maret 1989 dan dibuka pada tanggal 6 Mei kemudian ini diselesaikan oleh tiga ratusan pekerja , yang mereka harus bekerja dengan resiko yang sangat besar untuk menyelesaikan menara ini. Namun demikian karena telah diperhitungkan dengan cermat, korban meninggal hanya berjumlah satu orang saja.

Saat pertama kali dibangun menara Eiffel ini selalu menuai berbagai kritikan yang tajam dari penduduk Paris yang menilai bahwa kehadiran menara ini mengganggu. Dan berencana agar menara ini diruntuhkan 20 tahun seperti pada perjanjian yaitu lebih tepatnya pada tahun 1909. Namun rencana ini batal karena menara Eiffel dinilai menguntungkan bagi kota Paris. Dan itulah sedikit sejarah menara Eiffel yang tentunya menambah wawasan yang anda miliki.

Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Barcelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai kota Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak cocok dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana Barcelona, Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu 1889.

Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris. Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang mudah diruntuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut kadaluwarsa.

Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika dibangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Salah satunya dimasukkan dalam penerbitan Kantor Penerbitan Pemerintah AS William Watson mengenai Pameran Universal Paris: Teknik Sipil, Pekerjaan Umum, dan Arsitektur 1892. "Dan selama dua puluh tahun kita melihat, membentang ke seluruh kota, masih dijalani oleh orang-orang jenius berabad-abad, kita melihat bentangan seperti bayangan hitam dari kolom hitam yang dibangun dari lempengan besi berpaku.”[10] Penandatangan surat ini meliputi Messonier, Gounod, Garnier, Gerome, Bougeureau, dan Dumas. Beberapa fakta tentang menara Eiffel:

1. Keliling Dunia dengan Naik Liftnya
Lift memang diperlukan untuk bangunan setinggi ini untuk mengangkut pengunjung ke atas dan ke bawah. Tahukah anda semua lift Menara Eiffel ini jika dihitung jumlah kegunaan per tahunnya adalah sama dengan 2 setengah kali mengelilingi dunia atau lebih dari 103,000 km.

2. Terlihat Kokoh Namun Masih Bisa Digoyahkan


Menara ini bergoyang sedikit apabila hari berangin.Tetapi pada tahun 1999, angin ribut telah menyebabkan ia bergerak 13 cm dari kedudukan asalnya. Malah matahari juga bisa menyebabkan menara ini condong hingga 18 cm.

3. Dicat Dengan Cat Khusus

Menara besi ini juga diperlukan perawatan. Ia dicat setiap 7 tahun, tetapi bukan dengan sembarang cat yang digunakan,warna tembaga dengan variasi 3 tona telah dipilih kerana kombinasi 3 warna yang berbeda ini dianggap berpadanan dengan warna langit Paris. serta Hal ini lantaran menara ini sangat tinggi, sehingga perancangnya memutuskan untuk memberi 3 corak warna cat untuk mendapatkan efek shading yang indah.

Adapun warna yang lebih gelap berada pada bagian fondasi nya, warna yang lebih terang pada bagian tengahnya, dan yang warna yang paling terang untuk mengecat bagian paling atas menara. Perawatan terhadap menara ini harus menghabiskan 60 ton kaleng cat setiap tujuh tahun sekali agar tidak berkarat.

4. Mendaki Anak Tangga Menara Eiffel


Sewaktu pembukaan resmi Menara Eiffel, Arsiteknya "Gustave Eiffel" mendaki 1,710 anak tangga ke puncak menara untuk memacakkan sendiri bendera Perancis.

5.Hitler Ingin Panjat Menara Eiffel

Selama Perang Dunia Kedua berlangsung, para tentara Perancis telah memotong kabel lift menara Eiffel. Mereka tidak ingin pihak lawan dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari atas menara Eiffel. Sehingga ketika pendudukan Nazi di Perancis, Hitler harus memanjat sendiri menara ini untuk dapat mencapai ke atas. Pada tahun 1944, lift di menara Eiffel diperbaiki sehingga pihak Sekutu mendapatkan akses bebas untuk ke atas.



Selain menara Eiffel, ternyata masih banyak pesona kota Paris seperti Moulin Rouge dan Museum Louvre (di lukisan itu yang ada piramida segitiga berdinding kaca). Tau ga sobat?di museum Louvre inilah disimpannya lukisan Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci dan lukisan-lukisan bersejarah lainnya seperti lukisan The Virgin and The Baby (Bunda Maria dan Yesus) yang diduga berlafadz "Laa Ilaaha Illallah" di kain kerudung yang ia kenakan. Namun, jika menelusuri museum ini lebih dalam maka ada yang lebih menarik yaitu disimpannya peninggalan-peninggalan bersejarah kebudayaan Islam abad pertengahan dengan tulisan Arab Kufic, disana anda akan menyaksikan bahwa dahulu Islam sangat berjaya di Eropa. Walaupun belum pernah kesana, dari novel 99 Cahaya di Langit Eropa-lah aku mendapat banyak pengetahuan bahwa ke Paris bukan hanya ke Eiffel untuk bersenang-senang tetapi juga sambil tadabbur dan menyusuri kebudayaan Islam.




Tahukah sobat dengan roti un croissant yang menjadi menu wajib di cafe-cafe Perancis?? kenapa yaa bentuknya seperti bulan sabit? ternyata roti un croissant yang begitu terkenal di Perancis bukanlah roti asli Perancis melainkan berasal dari  Austria (wilayah Eropa barat terakhir yang akan ditaklukan oleh Islam). Roti un croissant diperkenalkan ke Perancis oleh ratu Austria Maria antoniette yang menikah dengan raja Perancis, dan menurut cerita roti un croissant dibuat setelah kalahnya tentara Islam asal Turki yang ingin menaklukan Austria. Croissant yang artinya bulan sabit diambil dari panji-panji tentara Islam Turki yang menggunakan lambang bulan sabit.

Lalu tahukah sobat gerbang Arc de Triomphe itu?? jika gerbang kemenangan tersebut ditarik garis lurus dengan bangunan di depannya maka akan menuju sebuah tempat yang menjadi kiblat seluruh umat muslim di dunia, yaitu Ka'bah...




Paris juga merupakan kota mode yang katanya menjadi trend setter/kiblat perfashionan di seluruh dunia. Sekolah mode di Paris juga sering menjadi pilihan bersekolah ataupun menimba ilmu lebih lanjut untuk para designer yang suka membuat baju-baju yang fashionable seiring perkembangan zaman. Selain baju, berbagai parfum dengan merk terkenal juga ada di kota ini.


Paris juga terkenal dengan wisata karnavalnya, ada permainan opera dan festival ajang penghargaan film yang tersohor di dunia. Sebutlah Cannes yang diambil dari kata Canua yang artinya rumput liar, sekarang dijuluki Cote d' Azzur. Terbentang sepanjang French Riviera, Cannes dikenal di seluruh dunia untuk festival film tahunan yang termasyhur. Kota ini juga merupakan tempat wisata tersohor disebabkan oleh pantainya yang panjang, pohon palem di tepi pantai, daerah kuno yang menawan beserta beberapa butik dan restoran kelas atas. Dahulu sebuah desa nelayan kecil, Cannes telah tumbuh menjadi sebuah kota kosmopolitan yang memukau. Sebagai tujuan liburan idaman pengguna yacht dan selebriti, kota ini menawarkan berbagai pilihan restoran dan hotel yang sangat baik dari negara itu. Yang menarik selain ajang perhelatan tersebut di Perancis terdapat pula komunitas balap mobil yaitu Dakar yang perlombaannya menyusuri daerah sulit dan ekstrim seperti gurun pasir. 

Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak wisata dan tempat-tempat penting di Perancis yang tidak bisa diungkapkan jika tidak berkunjung kesana....



Daaaaaaaannnnnnnn ternyata semua lukisan jalan-jalan kita berkhayal menuju Paris adalah lemariku yang berlukiskan keindahan dan objek-objek yang ada di Paris. Jadi ceritanya, sewaktu habis pindahan ke rumah baru kami berniat untuk membeli sebuah lemari, kami mendapatkan lemari cantik ini setelah memilih dari puluhan lemari di sebuah toko furniture di Tilamuta. Dengan harga 1,1 juta (sesuai budget) kami sudah bisa memboyong lemari unique ini. Awalnya aku ga 'ngeh' kalau gambar-gambar di lemari itu adalah gambar-gambar objek-objek di kota Paris, kami memilihnya karena ukurannya yang lumayan besar dan banyak banget kotak-kotaknya, harganya miring  pula hehe. Gambarnya pun awalnya aku kira berhubungan sama sepakbola di Eropa, ternyata All about Paris (suatu kebetulan yang keren yaa) hihi..Selain indah, lemari ini membuat motivasi tersendiri buat kami untuk suatu hari nanti bisa berkeliling kota paris dan menjelajahi benua biru, Eropa...Aamiin Yaa Robbal'alamiin ^_~

By: Monica

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Pengunjung Blog

Labels

A EKMET (1) A MACRO (1) A MATEK (1) A MENULIS (1) A MICRO (1) ENGLISH (13) ISLAMI (9) KISAH (24) KUE (2) KULINER (3) LEARNING (23) Menjahit (6) MONICLENS (8) MY CREATION (12) MY LOVELY FAMILY (17) NGAJI (1) NOSTALGIA (14) PUISI (7) RESENSI FILM (6) STORY (38) TAJWID (1) TESTIMONI (2) TIPS dan TRICK (16) TRAVELLING (40) TSAQOFAH (1) Umar (9)

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Monica Oktavina. Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter

Flag Counter

About Blogger

Hello guys, I am a mother of two kids, hopefully this blog useful for you, do not forget to follow this blog to get more information ^_^ (Instagram: moniceoktavina12. Youtube: Monica Oktavina) Contact Us: moniceoktavina@gmail.com

PRIVACY POLICY

Copyright © Monice and Family | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com