Wednesday, May 08, 2013

Perkampungan Suku Bajo, Tilamuta, Boalemo, Gorontalo

Perkampungan Suku Bajo

     Perkampungan Bajo terletak di sebelah selatan Tilamuta, kira-kira 10 km dari kota Tilamuta. Perjalanan menuju perkampungan Bajo ini awalnya jalanan rusak kemudian setelah agak ke dalam jalanannya sudah mulai bagus dan beraspal. Bajo merupakan suku yang memiliki keunikan yakni membangun rumah di atas pantai bahkan ada yang sampai ke tengah laut. Oleh karena itu, masyarakat disini sering berpindah rumah ketika air pasang. Bajo memiliki bahasa sendiri yaitu bahasa Bajo yang sangat berbeda dari bahasa Gorontalo asli. Bahkan ketika pencacahan ST2013, PCL menggunakan bahasa Bajo dalam berkomunikasi dengan masyarakatnya yang jarang bisa bahasa Indonesia ataupun Gorontalo.
    Suku Bajo juga terkenal sebagai orang yang sangat pandai berenang di laut dalam (bisa menyelam selama 30 menit tanpa menggunakan alat apapun). Mata pencaharian penduduk disini rata-rata sebagai nelayan. Ada sedikit permasalahan di Bajo, yakni air PAM yang macet selama kurang lebih 1 bulan yang lalu sehingga masyarakat harus membeli air tawar/bersih dimana harga 1 jerigennya Rp2500. Mudah2an air PAM bisa segera diperbaiki sehingga masyarakat tidak perlu membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-hari serta MCK (Mandi, Cuci, Kakus). 

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Pengunjung Blog

Labels

A EKMET (1) A MACRO (1) A MATEK (1) A MENULIS (1) A MICRO (1) ENGLISH (13) ISLAMI (9) KISAH (24) KUE (2) KULINER (3) LEARNING (23) Menjahit (6) MONICLENS (8) MY CREATION (12) MY LOVELY FAMILY (17) NGAJI (1) NOSTALGIA (14) PUISI (7) RESENSI FILM (6) STORY (38) TAJWID (1) TESTIMONI (2) TIPS dan TRICK (16) TRAVELLING (40) TSAQOFAH (1) Umar (9)

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Monica Oktavina. Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter

Flag Counter

About Blogger

Hello guys, I am a mother of two kids, hopefully this blog useful for you, do not forget to follow this blog to get more information ^_^ (Instagram: moniceoktavina12. Youtube: Monica Oktavina) Contact Us: moniceoktavina@gmail.com

PRIVACY POLICY

Copyright © Monice and Family | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com