Wednesday, May 01, 2019

Terhindar dari Penyakit 'Ain



Assalamu'alaikum wr wb

   Suatu kebanggaan pastinya bagi seorang ibu memiliki anak2 yang lucu dan dan menggemaskan. Tidak terkecuali juga bagi saya sendiri yang memiliki dua anak, sepasang laki-laki dan perempuan..serius keinginan untuk memposting foto mereka di sosial media itu adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Karena apa? Karena membesarkan anak itu tidak mudah..penuh dengan drama-drama di tiap harinya..hanya saja semua hal lumrah itu sy tahan2 demi kedua buah hati saya..

   Berawal dari beberapa waktu lalu..ketika itu anak pertama saya sakit. Saya berpikir bahwa sakit itu adalah hal yang sangat wajar dialami anak-anak. Tetapi kemudian suami saya menjelaskan bahwa harus hati2 terhadap penyakit 'Ain.  What? Sy belum pernah dengar penyakit seperti itu, sepertinya tidak ada dalam dunia medis. Dan saya pun searching, dan saya baru ngeh bahwa penyakit 'Ain itu memang ada. Kami sekeluarga berlindung pada Allah dari penyakit tersebut..Jadi penyakit 'Ain itu adalah penyakit yang timbul dari mata seseorang yang takjub ataupun ada iri/dengki di hatinya. Foto ataupun video adalah salah satu perantara timbulnya penyakit 'Ain itu.

  Bahkan itu bisa terjadi tanpa harus melihatnya..#seremya. Dan penyakitnya itu bisa macam2, bisa jadi sering sakit, dsb. Yang terkena pun harus diruqyah ataupun dipercikkan bekas air wudu orang yang menimbulkan penyakit 'ain itu.. Terus terang saya worry banget kala itu sambil terus memandangi kedua buah hati saya. Of course sy tidak ingin hal-hal aneh terjadi..

Sama seperti hal ghaib, yang memang tidak bisa dilihat tetapi kita harus yaqin benar adanya. Begitupun penyakit 'Ain, dan Rasulullah Saw bersabda dalam haditsnya:

ﺍﻟﻌﻴﻦ ﺣﻖُُّ ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﺷﻲﺀ ﺳﺎﺑﻖ ﺍﻟﻘﺪﺭ ﻟﺴﺒﻘﺘﻪ ﺍﻟﻌﻴﻦ
Pengaruh ‘ain itu benar-benar ada, seandainya ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, ‘ainlah yang dapat melakukannya.

Saya pernah berada di posisi dimana i feel happy memposting foto2 anak2 saya. Tetapi setelah membaca artikel tentang penyakit 'Ain sy pun benar2 berpikir dua kali untuk memposting foto2 anak2 di media sosial. Padahal mereka benar2 lagi lucu2nya. Tapi semua itu demi kebaikan mereka juga. Coz kita ga akan pernah tahu pandangan orang lain itu seperti apa..Pandangan takjub saja bisa sebagai medianya. Apalagi apabila ada yang iri atau dengki melihat foto2 yang kita upload atau malah ada hasrat tidak baik di hatinya, na'udzubillah..

Memang tidak semua foto/video bisa menimbulkan penyakit 'Ain. Tapi setidaknya suami saya mewanti2 kalau sy memposting foto/video anak-anak lagi. Cukuplah difoto dan disimpan di HP. Kalaupun di sosmed ditambahkan hastag #maasyaa Allah tabarakallah. Karena setiap memandang ciptaan Allah yang indah harus disertai ucapan Maasyaa Allah..bukan karena sok alim atau apa, tetapi itulah kaidahnya..karena Allah lah yang menciptakan makhluk-makhluknya,  membentuk serta membaguskan rupa makhluknya, jadi kita harus memuji Allah terlebih dahulu..

So, posting atau tidak itu pilihan..tapi setidaknya kita menjaga diri dari kejahatan mata orang-orang di luar sana yang kita tidak tahu isi hatinya...

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Pengunjung Blog

Labels

A EKMET (1) A MACRO (1) A MATEK (1) A MENULIS (1) A MICRO (1) ENGLISH (13) ISLAMI (9) KISAH (24) KUE (2) KULINER (3) LEARNING (23) Menjahit (6) MONICLENS (8) MY CREATION (12) MY LOVELY FAMILY (17) NGAJI (1) NOSTALGIA (14) PUISI (7) RESENSI FILM (6) STORY (38) TAJWID (1) TESTIMONI (2) TIPS dan TRICK (16) TRAVELLING (40) TSAQOFAH (1) Umar (9)

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Monica Oktavina. Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter

Flag Counter

About Blogger

Hello guys, I am a mother of two kids, hopefully this blog useful for you, do not forget to follow this blog to get more information ^_^ (Instagram: moniceoktavina12. Youtube: Monica Oktavina) Contact Us: moniceoktavina@gmail.com

PRIVACY POLICY

Copyright © Monice and Family | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com