Friday, February 28, 2014

"My Adventure" Menemukan Facial Wash & Pelembap ^_^

Assalamu'alaykum Wr Wb

Ini pengalamanku tentang mencari pelembap yang cocok untuk kulit wajahku :D. Kulit wajahku termasuk tipe kulit normal (ga berminyak dan ga kering) tapi cenderung berjerawat dan bintik2 hitam bekas jerawat. Aku ga ngerti deh kenapa bisa muncul tuh yang namanya jerawat padahal tipe kulitku normal. Ada yang bilang karena kotor alias jarang dibersihin (padahal dibersihin terus) atau karena pengaruh hormon (alasan yang bisa diterima). 

Jerawat memang sangat menjengkelkan terutama setiap mau dapet, biasanya jerawat itu mulai kempis setelah seminggu lamanya, tapi yang susah itu adalah ngilangin bekas jerawatnya :(. Nah kali ini aku mau cerita sedikit dari awal aku mulai memakai yang namanya pelembap (terinspirasi dari testimoni para blogger cewek yang bahas tentang pelembapnya) karena susaaaaaaah banget dapetin yang cocok lo sobat, hmmm. Mungkin sekitar 13 tahun aku baru nemu yang cocok nie (hahaha lebay). Yang jelas produk perawatan wajah itu tergantung cocok-cocokkan sama kulit kamu apa enggak, mungkin yang cocok di aku belum tentu cocok buat sobat begitu pula sebaliknya. Jadi bukan maksud mendisclaimerkan suatu produk ^_^v ini buat kulitku ajaa lo yaa.  Oke ikutin yuuk.^_~

Facial Wash & Pelembap jaman SMA (15-17 tahun)

Facial Wash yang pernah kupake ada berapa yaa? aku lupa :P, tapi seingetku ada sekitar 6 macem yaitu:
1. Pond's Facial Foam Whitening (yang pink)
    Testimoni: Lumayanlah enak dipake ga terlalu kering di wajah
2. Pond's Facial Foam Acne Care (yang ijo)
    Testimoni: Seger banget pakenya ada scrubnya juga, tapi karena ada scrubnya kulitku malah jadi kering
3. Biore Acne Care(yang merah)
    Testimoni: Wanginya aku suka tapi kering juga sih (produk anti acne pasti bikin kulit kering)
4. Biore Pure Mild (yang biru)
    Testimoni: Suka tapi kalo di aku bikin komedo
5. Biore yang pink (lupa namanya)
    Testimoni: Suka packagingnya aja
6. Biore Glowing Bright (yang abu)
    Testimoni: Suka packagingnya aja

Dari SMA aja aku uda suka gonta-ganti facial wash :D. Kalo jaman SMA sih aku bukan karena aku cocok apa enggak coz dulu mukaku pake apa aja cocok hehehe tapi lebih karena budget coz dulu kan jaman-jamannya susah (mondok booo) jadi harus hemat gitu. Terus suka juga nyoba yang macem2 apalagi kalo packagingnya lucu, jadi pengen beli deh...:P

Terus kalo pelembapnya, nah ini nih yang mungkin buat kulitku jadi mulai sensitif karena sering gonta-ganti pelembap. Yupz dengan alasan yang sama kayak facial wash, mungkin karena masih ABG jadi aku suka liat temenku make apa,akunya langsung nyoba deeeeh (tentunya kalo yang pelembapnya uda habis&harganya murah :D). 

1. Pond's whitening yang ukuran mini size 
   Testimoni: Ini adalah krim pertamaku. Lumayan bikin putih tapi kulit normalku jadi kering padahal temenku makenya biasa aja malah ada yang setelah pake cocok terus kulitnya mulus gitu.
2. Citra Hazeline
    Testimoni: Terlalu lembap, jadi jerawatan deh
3. Sariayu
    Testimoni: Lembap tapi ga bikin kulitku lebih cerah
4. Cussons Baby Moisturizer
   Testimoni: Lembap tapi ga bikin kulitku lebih cerah, kulitku jadi kayak bayi tapi ga bisa ngilangin bekas jerawat.

Facial Wash & Pelembap jaman kuliah (18-22 tahun)

Mungkin semenjak kuliah inilah mukaku mulai kenal sama yang namanya jerawat bulanan (mungkin stress mikirin statmat, metstat, anareg :3). Coz dulu waktu SMA jerawatku datangnya ga tiap bulan dan mukaku masih mulus. Ini nih yang aku coba selama kuliah:

1. Pond's Facial Foam Whitening plus susu pembersih sariayu yang mawar
Pond's masih tetep kupake pas kuliah soalnya mungkin kulitku masih bisa menerimanya walaupun agak panas dan gatal. Intinya masih bisa ditolerir lah sehingga kalo facial foamku habis pasti kalo ga cocok yang lain aku lebih cenderung ngambil ponds yang pink itu masuk ke keranjang belanjaanku. Terus pas kuliah aku kombi sama susu pembersih sariayu eh kulitku jadi enak banget (maksudnya lebih lembab dan ga kering). Aku pake susu pembersih dulu terus aku bersihin pake pond's, wajahku lembab dan enak. Tapi komedo masih tetep ada jadi mutusin buat cari yang lain. Komedo oh komedo. 

O iya komedo itu atau black head sama white head. Kalo yang sering hinggap di mukaku itu white head yang kalo dipencet keluar putih2 agak keras gitu. Kalo mau lihat komedo white head bisa pake porepack yang warna item (serasa bintang di kegelapan malam hihi).

2. Pixy Whitening (waktu bimbel)
    Testimoni: Enak pakenya tapi aku komedoan
3. Acnes (yang ijo)
    Testimoni: Suka banget, awal pakenya karena aku coba-coba , eh ga tahunya keterusan coz ini satu2nya facial wash yang ngilangin komedoku. Hidung jadi ga dungdak (hidung landak) :))
4. Clean&Clear
5. Sabun Pepaya
6. Sabun Dove
7. Sabun dari paket krim cap Uun
8. Sariayu Whitening
9. Wardah Acne Care foam
10. Wardah Acne Care Scrub
11. Wardah Lightening Foam

Dari no 4 sampai 11, kurang cocok di mukaku mungkin karena mukaku udah terlanjur sensitif, facial foam  di atas sebenernya bersih buat bersihin kulit wajahku tapi yang ga bisa dihindari adalah komedogeniknya :3 .

Untuk Pelembapnya yaitu:

1. Cussons Baby Moisturizer
Cukup lama make ini, muka kayak bayi tapi ga bisa ngilangin bekas jerawat.
2. Pond's Flawless White
Aku makenya sih bekas jerawatku ga ilang, tapi karena bikin kulitku kering jadi aku mutusin untuk berhenti make produk ini.
3. Krim cap uun
Direkomendasikan oleh sahabatku yang mukanya jadi kinclong setelah make krim ini. Awalnya memang bikin kulitku cerah n bekas jerawatku ilang. Tapi kok ciri-cirinya mirip krim berbahaya ya?akhirnya aku mutusin untuk berhenti make krim ini.
4. Pond's whitening
5. Pond's detox yang kuning
Ponds ini sempat ditarik dari peredaran, karena mengandung bahan kimia berbahaya 
6. Wardah Basic Care (yang ijo)
Produk halal, lumayan cocok tapi ga bisa ngilangin bekas jerawat yang membandel.
7. Wardah Acne Moisturize
Jerawatku malah tambah banyak, bekas jerawat juga makin banyak T.T
8. Wardah lightening step 1,2
Harusnya aku fokus buat menghilangkan jerawat dulu sie, dilema antara ngilangin jerawat sama bersihin bekas-bekas jerawat. Kan kalo produk whitening memang buat ngilangin bekas jerawat tapi kalo dipake pas lagi jerawatan yang ada jerawatku jadi segambreng. (*tepok jidat) Akhirnya aku kasih temenku krim ini dan alhasil memang bagus di muka dia. Hmmmm karena mank ga jerawatan sie mukanya.

Facial Wash & Pelembap saat magang dan kerja (22-23 tahun)

Pencarianku buat mencari pelembap yang bagus ga berhenti sampe disitu doong. Sebenernya sih ga muluk2 aku cuma pengen bekas2 jerawatku yang membandel ini agak berkurang sedikit dan kalo megang kulit wajahku itu lembut, ga kering, dan ga jerawatan itu aja kok...:( lanjut deh pencariannya (kayak nyari jodoh aja haha). Muka bersih kan setidaknya jadi lebih gampang menjemput jodoh itu dalam benak pikiranku dulu hihi. Nah, facial wash semasa aku magang dan setelah kerja adalah sebagai berikut:


1. Acnes (masih tetep)
2. Hada Labo Shirojyun Whitening
    Testimoni: wanginya ga ada (karena ga pake parfum), terus katanya sih dengan bersihin muka pake hada labo bisa menampung air sebanyak 1 liter (wooww). Terus harganya lumayan murah sekitar 15rban. Aku seneng banget mukaku jadi serasa lembap banget. Tapi ya gitu deh problemku sama facial wash adalah komedogenik dan setelah seminggu pake mukaku jadi komedoan plus bruntusan, hikz. 
3. Garnier Black Foam
Testimoni: Awalnya suka banget sama FW yang satu ini tapi muka serasa ketarik dan kering banget. Jadi aku berhenti make yang ini.
4. Pond's Tightening Pore Himalaya
Testimoni: Cool banget pake FW yang satu ini, soalnya q baca ingredientnya dia make bahan dari pegunungan himalaya gitu. Tapi... (sudah tahu jawabanku kan?) :D

Pelembapnya:

1. Egyptian Magic Cream&Beauty Magic Cream
Testimoni: Krim ini aku dapat secara online di website resmi EMC yang bahan utamanya adalah madu plus royal jelly. Asalnya dari USA tapi yang bikin Dr Pharaoh dari mesir. 2 krim ini lumayan membuat kulitku jadi mulus pas sebelum aku menikah. Jadi pas merit mukanya uda bersih banget. Hmm tapi kurang cocok di kantongku jadi aku berhenti makenya plus ongkir ke gorontalo kan mahal banget. 
2. Yashodara Cream
Testimoni: Lumayan mencerahkan, tapi ga boleh dipake sama wanita yang lagi promil, jadi ya sudahlah dipajang di meja riasku saja haha.
3. Natur-e 
Testimoni: Suka, suka, suka.. mirip seperti cussons baby, lembab tapi ga mencerahkan dan ga ngilangin bintik2 hitam di wajahku. Jadi harus cari lagi nie. 
4. Hada Labo Shirojyun Whitening Essence
Seminggu pake ini mukaku berasa cerah, tapi seminggu kemudian mukaku beruntusan banget. Oke no repurchase again. 
5. Fair and Lovely
Krim yang murah banget, cuma 9rb udah dapet yang seukuran Pond's. Pertama kali pake langsung berasa muka jadi cerah. Eh 2 hari kemudian mukaku kurang cocok make ini, beruntusaaan. 

Facial Wash & Pelembap Nooooow

Rasanya udah capek banget nyari pelembap yang cocok di wajahku. Apalagi setelah penempatan disini entah kenapa mukaku jadi lebih sensitif dari sebelumnya. And then 2 minggu yang lalu iseng-iseng nyoba facial foam Pixy Anti Acne yang ijo, aku dapetnya di toko perempatan di Tilamuta. Aku beli yang ukuran kecil. Pas nyoba kok seger banget, muka jadi lembut, ga kering. Terus kenyel2 dan berasa bersih banget. Aku terusin sampe seminggu masih bagus kulit wajahku (komedo juga sedikit). 

Tapi 2 minggu kemudian aku komedoan, dan aku siasati make acnes seminggu sekali biar ga komedoan tapi juga ga kering. Lumayan enak nih makenya. Pas ke kota kemarin aku mikir kalo facial foamnya cocok kemungkinan pelembapnya aku juga cocok. Aku ke bagian Pixy gitu dan nyari pelembabnya. Alhamdulillah dapet...ada 3 varians ada yang buat mutihin, flek hitam, ada yang buat muka berminyak. Jelas dong aku ambil yang buat ngilangin flek hitam dan bekas jerawat namanya Pixy Radiant Finish, hehe. Packagingnya mirip kayak produk lain elegant dan menarik. Alhasil aku uda make sekitar 3 harian, mukaku jadi seperti yang kupengenin. Lembab, halus, ga berat (ringan banget), bekas jerawatku sedikit demi sedikit mulai memudar. Mudah2an cocok terus pake FW sama pelembab yang 1 ini. Bedak juga jadi nempol deh :). O ya aku beli bedaknya juga loo yang natural beidge. Semua cocok di muka aku...Harganya juga ga mahal2 amat kok pelembabnya 25rb, terus bedaknya 30rb, dan facial washnya 20rb. Itupun harga disini yang memang agak sedikit lebih mahal mungkin kalo di jawa lebih murah kali yaa. :? Intinya nyari FW dan pelembap itu yang sesuai dengan kulit wajah kamu, jangan dipaksain make yang terlalu berat soalnya malah bikin beruntusan.


Yang pasti aku seneeeeeeeeeeeeeeeeeeng banget. ^_^ Thanx Pixy..:D









Artikel Terkait

27 comments:

  1. Waah, aq juga pake 3 kombinasi pixy itu, udah 2 mingguan sih,bruntusan dah mulai rada menghilang,eh ganti produk lg nambah deh bruntusan.
    Sekarang mau setia ma pixy dulu,siapa tau cocok, tp emg sih hasiatnya rada lama, tp drpd tambah bruntusan

    ReplyDelete
  2. iy mba...aq juga cocok nie hehhe..mudah2an hasilnya bagus jg y d mba..o iy ada krim malamnya pixy mba namanya white aqua gel cream..lumayan bikin seger, mlembapkan dan kenyel gitu deh mukanya..:D

    ReplyDelete
  3. iy mba...aq juga cocok nie hehhe..mudah2an hasilnya bagus jg y d mba..o iy ada krim malamnya pixy mba namanya white aqua gel cream..lumayan bikin seger, mlembapkan dan kenyel gitu deh mukanya..:D

    ReplyDelete
  4. muka aku banyak bgt bekas jerawat kira2 mempan gak ya pake pixy radiant finish biar bekasnya pada ilang?:((( lama atau cepet kah prosesnya?

    ReplyDelete
  5. kalo pake pixy memang butuh proses say, coz bukan kosmetik yg mengandung merkuri hehe...dicoba dulu kalo dah cocok insya Allah bekas2nya juga memudar...:)

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. saya masih pake pixy sampe sekarang mba...memang lama perubahannya hehe...pake facial washnya juga kok..hehe

    ReplyDelete
  8. mba masih pakek facial foam yang hijau itu tidak?

    ReplyDelete
  9. hm ngomong-ngomong mba masih pakai facial foam pixy yang hijau itu tidak ?

    ReplyDelete
  10. @mbak ananda: iya saya masih pakai facial foam pixy yang hijau sampai hari ini (karena memang cocok). Maaf baru balas komentnya....^_^v

    ReplyDelete
  11. Salam kenal kak.
    Aku juga gampang beruntusan.Emang bener produk pixy bagus aku pakai yg aqua whitening gel cream.Siangnya aku pakai sunscreen skin aqua yg gel .Bagus banget melembabkan dan gk bikin kulit kering emang sih gk mencerahkan tapi lumayan karena melindungi dari matahari.

    ReplyDelete
  12. salam kenal juga helen. Siiplah kalau cocok ya....:)

    ReplyDelete
  13. muka aku ga berjerawat siii mbak tapi keringgg dulu pake pencuci muka batangan tapi semenjak ada kosmetik berbahaya aku jadi ga pake lagi nah aku skrg lagi pusing cari facial wash sama bb cream kalo pelembab alhamdulillah aku udah cocok sama fair and lovely. tapi kalo cuci muka apa ya?:( usia ku 17 tahun. udh pake wardah sariayu pada ga cocok mbak tapi wardah kalo bb nya sih aku blm coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai salam kenal zahra....kamu masih muda banget, aku pernah mengalami masa-masa mencari facial wash sama pelembab. Mungkin kamu bisa nyoba produk yang sesuai sama jenis kulit kamu. Kalau berminyak usahakan jangan cari pelembab yang banyak mosturizernya. Tapi kalau kulit normal kering kamu bisa memilih facial foam yang ga bikin kering dan melembabkan. Kalau aku sih pake Pixy sampe sekarang salma. Kamu bisa nyoba, tapi cocok-cocokan sih hehe...

      Delete
  14. mbak saya 17 tahun kulit saya ga berjerawat sii mbak cuman kering dan kusam sebelumnya saya pernah pake facial wash wardah sariayu clean and clear dan ga terlalu cocok lalu saya pake sabun batangan tapi karna ada berita sabun berbahay saya stop gunakan sabun itu. nah sekarang saya lagi pusing cari facial wash yang cocok buat saya apa? kalo plembab saya sudah cocok dengan fair and lovely nah kalo bedak dan bb cream saya belum nemuin yang cocok juga. mohon jawabannya ya mbak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai salma..maaf baru balas. Oh masih muda ya..hmm mungkin pakai facial washnya yang ringan-ringan aja dulu kali ya.. Dulu waktu masih usia segitu saya pakai ponds yang white. Tapi pakai wardah bagus juga lo..ada series yg buat kulit normal..mungkin bisa dicoba hehe

      Delete
  15. Salam kenal bk... facewash acnes kan ada banyak mbak pake yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dulu pakai yang warna hija original. bisa pake ngilangin komedo juga lo...hhehe

      Delete
  16. Mbak aku bingung nih, umur aku 16th kulit muka ku kering, ada jerawat kecil kecil gitu didahi, selain itu ada flek hitam gak terlalu banyak,komedo dihidung juga lumayan. Kasih saran buat cuci muka yang pas apa ya mbak?

    ReplyDelete
  17. Salam kenal mbak Monica, mbak minta saran dong cuci muka yang cocok buat wajah aku.wajah aku kering, ada jerawat kecil2 dibagian dahi,flek hitam jg tp nggak banyak, ada komedo juga dihidung aku

    ReplyDelete
  18. Hallo salam kenal mau minta saran dong 😃
    Jenis kulit aku kayanya kering jerawat dan komedo jarang tapi ada flek hitam ( lebih ke coklat muda sih bukan hitam) btw biar g kusam dan flek hitamnya berkurang pake apa ya ??
    Ditunggu mbaa blsannya 😁

    ReplyDelete
  19. Hallo ka
    Kalo aku pakai acnes terus krimnya pakai ponds...
    Tapi nggk cocok
    Aku harus gimna ya kak??

    ReplyDelete
  20. Hallo Kak...
    umur aku 16 thn;kalo msl facial wash nya pake acnes trus pelembab nya pake Pixy Radiant Finish,apa gpp bda2 produk?
    Tolong dijwb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga...ga papa kok, aq juga pake acnes tapi pelembabnya sekarang wardah..nanti kapan2 sy review produk wardah yang saya pakia..

      Delete
  21. Duh, lama bget aku komentar ini blog mba ya. Cuma mau nanya tipe kulit mba apa ? Dan skrg mba masih pakai produk Pixy tsb tidak ? Mohon dijawab ya mba. Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kulit saya normal kombinasi mba. iya sudah lama banget dan saya sudah tidak pakai produk itu lagi mba..hehe

      Delete
  22. Duh, lama bget aku komentar ini blog mba ya. Cuma mau nanya tipe kulit mba apa ? Dan skrg mba masih pakai produk Pixy tsb tidak ? Mohon dijawab ya mba. Makasih :)

    ReplyDelete

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Pengunjung Blog

Labels

A EKMET (1) A MACRO (1) A MATEK (1) A MENULIS (1) A MICRO (1) ENGLISH (13) ISLAMI (9) KISAH (24) KUE (2) KULINER (3) LEARNING (23) Menjahit (6) MONICLENS (8) MY CREATION (12) MY LOVELY FAMILY (17) NGAJI (1) NOSTALGIA (14) PUISI (7) RESENSI FILM (6) STORY (38) TAJWID (1) TESTIMONI (2) TIPS dan TRICK (16) TRAVELLING (40) TSAQOFAH (1) Umar (9)

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Monica Oktavina. Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter

Flag Counter

About Blogger

Hello guys, I am a mother of two kids, hopefully this blog useful for you, do not forget to follow this blog to get more information ^_^ (Instagram: moniceoktavina12. Youtube: Monica Oktavina) Contact Us: moniceoktavina@gmail.com

PRIVACY POLICY

Copyright © Monice and Family | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com