Monday, November 28, 2016

Ikhtiar Hamil Monica setelah Penantian hampir 3 Tahun


Assalamu’alaykum WR WB

Dahulu sebelum saya hamil, saya sempat berkeinginan jika hamil nanti mau memberitahu promil apa saja yang saya lakukan selama ini. Mudah-mudahan bisa menjadi literasi buat teman-teman yang sedang berjuang mendapatkan sang buah hati. Saya menanti selama kurang lebih 2 tahun 11 bulan, hampir menginjak 3 tahun dari usia pernikahan kami. Waktu yang cukup lama dengan banyak pertanyaan disana sini “sudah hamil belum?” ah saya sampai bosan menjawabnya. Hanya bisa menjawab “belum, doakan yaa supaya cepat hamil”. Tapi karena saya wanita karrier tak terasa waktu begitu cepat berlalu sepertinya baru kemarin rasanya saya menikah tanggal 15 November 2012.

Saya menikah sebelum saya ditempatkan di Gorontalo, waktu itu masih magang 2 minggu, kemudian prajab. Saat itu belum terpikirkan bagi kami untuk memiliki momongan. Karena kondisi memang masih belum stabil. Masih muda dan masih nomaden. Semua berjalan normal-normal saja, tapi beberapa bulan setelah penempatan dan tinggal di sebuah kos-kosan, saya mulai searching tanda-tanda kehamilan dan membeli test pack pertama saya. Namun, hasilnya negative walaupun sudah berkali-kali saya lihat tetap garis yang bertengger hanya 1. Satu, dua testpack, akhirnya saya memilih untuk bersabar.

Di bulan berikutnya kosan saya kebanjiran. Kamar saya pun tergenang sama air hujan yang tak kunjung reda. Alhamdulillah semua barang-barang kami sudah diselamatkan ibu kos (dinaikkan di atas kasur dan sofa). Banjir tersebut menyebabkan air untuk MCK menjadi sangat keruh karena kami mengambilnya di sumur yang mungkin juga terkontaminasi air banjir yang coklat. Setelah kejadian itu saya menderita kep*tihan yang hebat. Badan saya pun menjadi tidak enak seperti meriang dan merinding. Kami pun memeriksakannya ke dokter kulit dan kelamin, kemudian dberi obat minum yang namanya saya agak lupa pokoknya ujungnya ada nidazole2nya. Dokternya bilang kalau masih kep*tihan seperti ini bisa sulit punya anak. Deg…

Akupun meminum obat dari dokter. Ga enak banget obatnya sampai-sampai bikin saya maag. Saya pun ga melanjutkan mengkonsumsi obat itu dan memilih untuk ganti dokter tapi yang ini dokter kandungan. Di dokter itu saya memperoleh obat yang dimasukkan ke miss * dan bukan obat minum. Alhamdulillah kep*tihan saya ‘ngelotok’ dan mulai mengering yang semula keluar kental-kental gitu. Sebulan kemudian saya masih ke dokter itu karena masih gatal-gatal walaupun sudah banyak berkurang. Obatnya masih sisa 2 biji kalo ga salah, dan seminggu kemudian kami ditempatkan di Kabupaten. Karena obatnya sudah mau habis, saya searching-searching tentang obat-obatan herbal untuk mengatasi kep.*tihan Ketemulah sebuah website yang menjual crystal X dari NASA yang katanya ampuh mengatasi kep*tihan. Saya pun membeli online crystal X yang asli (ada hologramnya). Bentuknya seperti batu giok yang berbentuk seperti obat flu hirup (lonjong dan panjang). Cara pakainya seperti obat yang saya jelaskan sebelumnya, 2 kali sehari. Seminggu setelahnya saya merasakan gatal yang hebat (geringgingan), tetapi setelah itu seakan-akan semua kep*tihannya keluar semua. Dan setelah gatal-gatal hebat itu beberapa hari kemudian setiap saya pakai crystal X, ga gatal-gatal lagi. Alhamdulillah, ga sampai 3 bulan kep*tihan saya hilang total. Saya suka banget sama crystal X pokoknya.

Setelah masa-masa kep*tihan itulah saya memulai promil. Saya agak lupa sih promil pertama saya, kalau ga salah waktu itu saya minum madu dan serbuk pucuk kurma. Madunya madu hutan dari Riau, rasanya manis. Tapi serbuk pucuk kurma rasanya agak aneh karena mirip sp****. Saya minumnya sambil nutup hidung. Hehehe. Setelah itu habis saya pun minum susu prenagen esensis untuk persiapan kehamilan. Saya suka susunya enak.

Tetapi karena promil nya masih belum berhasil saya pun memilih untuk ke dokter seperti postingan saya sebelumnya yang berjudul: Perjalanan menanti sang buah hati. Dari pemeriksaan dokter kandungan (dokternya sama dengan waktu saya periksa kep*tihan), Alhamdulillah rahim saya bagus (dokternya yang bilang), pemeriksaan pertama saya cuma dikasih vitamin E. Karena bulan depannya saya masih haid, akhirnya kami datang lagi. Dokternya memberi saya obat penginduksi sel telur, kalau sudah selesai haid kami disuruh datang lagi. Seminggu kemudian setelah selesai haid, kami pun ke dokter itu lagi. Kali ini saya ga diberi obat, hanya diperiksa sel telurnya dengan alat yang dimasukkan ke miss *. Agak nyeri-nyeri gimana gitu, tapi di layar dokternya mulai mengukur sel telur saya. Sel telur saya berukuran 15 mm kiri dan 11 mm kanan. Ukuran itu masih di bawah normal, yang seharusnya berukuran 18-24 mm. Lalu saya bertanya sama dokternya apakah saya masih bisa hamil dok? Dokternya langsung menjawab “Masih bisalah, kan masih muda juga”. Alhamdulillah…………

Setelah pemeriksaan itu saya ga datang-datang lagi karena dokternya ada di kota, cukup jauh dari kabupaten saya. Dan yang jelas saya masih ada rasa takut mau ke dokter itu, takut diperiksa pake alat itu lagi ^_^’.

Saya masih berharap, dan terus terngiang-ngiang kata-kata dokter itu bahwa saya masih bisa banget hamil. Walaupun suami masih belum periksa, tapi saya yakin semoga suami saya sehat dan normal. Jadi sekarang saya lebih focus buat membesarkan sel telur saya. Tetapi kali ini promil saya adalah dengan herbal saja. Karena saya pada dasarnya ga suka minum obat-obatan (kalo minum obat harus pake roti ribet). Jadi saya cenderung buat memilih herbal-herbalan saja.

Oh iya selain itu saya juga menyibukkan diri dengan bermain Hay Day (hehehe) buat menghilangkan segala macam perasaan aneh-aneh itu (sedih, kecewa, dl).

Herbal yang saya minum adalah madu penyubur kandungan. Saya membelinya sepaket dengan suami. Madu penyubur itu lebih berat dibanding madu lainnya karena dicampur herbal-herbalan lain. Tapi rasanya lumayan gampang dicerna walaupun terkadang saya lupa meminumnya dengan air hangat, langsung telen. Kalo suami rada males minum madu, katanya ribet mesti pake sendok. Jadi dia keseringan lupa minum madunya, tapi dia sudah habis 3 botol. Kalo saya mungkin sudah habis berbotol-botol (lebih dari 10 botol) kali ya sampai saya lupa. Karena saya termotivasi sama testimoni-testimoni madu penyubur ini dan saya lumayan suka rasanya.

Selain madu penyubur, suami saya minta minum Tribulus terrestris HC yang katanya bisa meningkatkan jumlah sperma. Saya beli online (memang beli online terus kali, walaupun ongkirnya sama kayak harga barangnya karena mahal bingit) harganya 55rb per botol tablet (kayak botolnya Natur E). Saya beli 6 botol. Kalo yang ini suami minum terus soalnya dia lebih suka yang berbentuk kapsul. Setelah habis, suami sempat ke Jakarta buat pelatihan. Nah dia jalan-jalan ke Pasar Senen di Jakarta. Dia beli 12 botol Tribulus Terrestris sama seperti yang saya beli dengan harga yang lebih murah yaitu 35rb per botol. Saya surprise banget, ternyata suami juga semangat promilnya hehe. Dan dia pun meminumnya sampai habis botol ke 12 :*.




Namun, lagi-lagi testpack saya masih negative saja. Huwaa kalo hari pertama haid pasti deh saya nangis meringis-ringis di kamar hingga sesenggukan. Tapi suami selalu menyemangati saya. Saya pun lanjut herbal lagi, kali ini saya minum Natur E yang saya suka bentuk dan warnanya yang keemasan. Saya juga minum habatussauda 3x sehari, selain buat promil juga buat kesehatan biar ga gampang sakit.

Saya yang mengikuti grup AIH, mendapatkan beberapa informasi dari yang sudah lulus dan mendapatkan tiket H. Pertama yang saya ikuti adalah terapi Jeniper (Jeruk nipis peras), yang diperas airnya tanpa diberi air. Dan hari berikutnya kelipatannya 2, 4, 8, 16, 32 begitu seterusnya kemudian di hari ketujuh turun sesuai kelipatan (saya agak lupa) sampai hari ke empat belas. Saya Cuma sampai hari ke-5 kalo ga salah uda ga kuat sama asem dan sepetnya. Bendera putih berkibar.

Kemudian dari grup saya juga dapat informasi untuk makan tauge. Kalo yang ini kami memang suka, suami juga sering beli tauge kalo ke pasar. Jadi seminggu kami habis 3 kantong tauge yang harga sekantongnya cuma 2000 rupiah. Biasanya saya masak taugenya cuma ditumis kadang dibikin sop. Saya juga pernah membuat jus 3 diva. Yaitu jus dari buah tomat, apel dan wortel diblender kemudian diperas untuk diambil sarinya. Kalo ga habis ya saya simpen di kulkas biar bisa diminum besoknya.

Di penghujung tahun 2014, saya mencoba lagi obat-obatan yang namanya Fertilaid. Saya membeli satu buat saya for women, satu buat suami saya for men. Obat ini saya minum hingga 3 siklus haid, setelah itu berhenti. Jadi, setiap saya halangan terkadang saya langsung searching obat-obatan herbal lainnya biar ga galau. Hehehe. Dan saya pun mencoba produk Moment yang katanya bagus buat promil. Saya menghabiskan 8 sachet glucogen, 5 teragen dan 1 botol Biocell yang disemprot rasanya asem-asem gimana gitu. Sempat ditawari jadi member tapi saya ragu karena itu MLM. Sama suami ga dikasih ikut MLM, yaudah deh...

Saya juga minum produk Maca, yang bisa membantu program hamil. Saya minum hingga 2 siklus haid, tapi saya minumnya sering kelupaan karena dosisnya ¼ sachet jadi susah ngukurnya. Tapi rasanya lumayan enak, suami juga ikut minum walaupun dia rada males kalo yang bukan kapsul. Saya kembali meminum madu. Tapi kali ini bukan madu penyubur, tapi madu penggemuk badan. Kali aja saya susah hamil karena badan saya yang terlalu kurus. Madu penggemuk badan habis hingga 10 botol tapi saya kok ga gemuk-gemuk ya??^_^’. Saya juga minum asam folat 400mcg, yang kadang rutin, kadang ga rutin saya minumnya. Dan yang paling penting adalah saya selalu menggunakan kalkulator kehamilan yang juga bisa menentukan masa subur supaya bisa mengontrol jadwal HB, bisa didownload di playstore juga kok :)

Hingga bulan Juli tahun 2015 saya pulang kampung ke Bali, pulang kampung kali ini benar-benar berbeda. 2 Tahun yang lalu biasanya kata-kata yang terdengar adalah “nanti dulu aja punya anaknya, kasian jauh”. Namun, kali ini saya tidak mendengar sepatah kata pun seperti itu. Malah ibu bapak, sanak saudara di kampung, nenek, datok semuanya mendoakan. Jadi ceritanya begini, ada saudara datok (nenek jauh) yang tukang urut, nah setiap kali bertemu dia pasti dia selalu bilang “maak kasian, nanti aja punya anaknya ya”. Namun, tahun ini berbeda saya bertemu sama beliau, dan saya minta diurut. Nenek jauh malah yang mencari saya kemudian mengurut saya. Selama ngurut nenek bilang kalau “Bise ni nak, kau bise punya anak”…Dan nenek doakan supaya kau lekas punya anak…Juga bapakku yang biasanya agak cuek, dan masih kasian melihat diriku yang jauh di negeri orang. Sambil menyodorkan air kelapa dia bilang “Makan ini ka biar cepet punya anak”….Huwaa aku terharu!

Benar-benar liburan yang sangat menyenangkan, semuanya mensupport aku, dan semua meridhoi aku…T_T

Sepulang dari liburan, saya tidak terlalu ngoyo buat promil. Dan saya bersyukur ada teman baik saya yang memberikan 5 buah kurma muda berwarna kuning dan 1 merah. Selebihnya saya hanya minum susu prenagen esensis (lagi) dan memperbanyak makan tauge. Kalau suami saya suka makan buah semangka yang besar satu kali seminggu. Terus mertua menyarankan ga boleh makan daging ayam boiler. Satu siklus haid terlewati dengan haru biru. Tetapi saya tetap semangat karena saya harus mengejar deadline-deadline yang harus diselesaikan….

***
Harusnya minggu ini saya mendapat haid, telat 3 hari. Ah biasanya saya juga sering telat haid…tapi entah kenapa saya ingin testpack. Tapi kali ini saya menggunakan testpack yang agak mahalan dikit merknya sensitive. Dengan harap-harap cemas saya mencelupkan test pack ke dalam urine. Satu garis terlihat jelas, dan…….satu garis samar! Masya Allah, antara senang bercampur haru saya memberi tahu suami saya. Suami yang masih terlelap tidur pun cuma bilang itu satu garis ade….Suami saya ga percaya kalu saya positif hamil. Saya pun ngalah untuk menunggu 3 hari lagi. Tiga hari kemudian saya test pack menggunakan onemed, 2 garis dan yang satu samar. Masih belum percaya juga, karena masih belum jelas. Akhirnya saya menunggu 2 hari lagi. Lusa pun saya test pack lagi, tapi menggunakan sensitive yang tinggal 1 biji. Deg-degan saudara-saudara (walaupun sudah sering banget test pack dan selalu berdebar-debar), hasilnya 2 garis jelas! Alhamdulillah ya Allah…akhirnya Engkau mengijabah doa kami……





telat 3 hari





telat 1 minggu





telat 10 hari


Kami pun ke dokter kandungan di RSTN, tapi si jabang bayi masih belum kelihatan. Kata dokternya memang masih terlalu muda, jadi belum kelihatan. Kami disuruh datang 2 minggu lagi untuk memastikan kondisi janin. Semoga janin saya sehat selalu Ya Allah...Aamiin Ya Robbal’alamiin.


Saya memang tidak mau menggembar-gemborkan kehamilan saya. Karena saya pernah di posisi itu, posisi dimana begitu getir melihat teman yang sudah hamil duluan (bukan iri lo ya). Posisi dimana begitu getirnya menjalankan promil, posisi dimana rasa harap itu begitu tinggi. Posisi dimana begitu getirnya mendengar pertanyaan-pertanyaan yang tidak bisa saya jawab kapan dan hanya bisa pasrah. Posisi dimana saya merasakan sangat dekat dengan Allah SWT karena terus menerus berdoa tiada henti. Posisi dimana tak henti-hentinya berjuang demi menggapai sang Buah Hati.


Saya tidak tahu promil saya yang mana yang bisa membuat saya hamil, yang saya tahu hanya Allah SWT yang bisa mengabulkan doa-doa saya. Doa seperti doa yang diajarkan Nabi Ibrahim As, dan Nabi Zulkarnain As yang selalu saya ucapkan masing-masing 3 kali dalam setiap sholat saya. Memperbanyak bacaan istighfar serta bersedekah yang mungkin lebih sering dilakukan suami saya.


Terima kasih Ya Allah, saya berharap semoga teman-teman saya yang belum dan juga istri-istri di luar sana yang masih menanti, juga mendapatkan giliran yang sama sesuai dengan takdir-MU. Hanya Engkau Yang Maha Mengetahui semua kejadian Makhluk-Makhluk Mu. Bukan manusia yang hanya menduga-duga dan berprasangka ini dan itu seolah-olah mengetahui segalanya dan berkuasa terhadap keturunan. Semoga Engkau mengampuni dosa-dosa kami, Ya Allah…aamiin Ya robbal alamiin.


Alhamdulillahirobbil'alamiin setelah 2 minggu kemudian, kantong rahim saya sudah kelihatan dan ada dedeknya walaupun kurang jelas. Dokter memberikan selamat, saya pengen nangis terharu rasanya (mata berkaca-kaca). Ya Allah segala puji bagi-Mu yang telah mengabulkan doa kami.......

7 week 2day

Demikian semua promil yang sudah saya lakukan selama ini dan semoga tulisan ini bermanfaat. Salam sayang. Monica.

Dipublish pada bulan OKTOBER 2015



Artikel Terkait

18 comments:

  1. Assalamualaikum Mba..
    selamat menjadi ibu.
    saya pernah merasakan di posisi Mba..menanti buah hati. selama hampir dua tahun. setelah Allah izinkan mengandung, Allah lebih sayang anak kami. iya anak kami meninggal dikandungan usia 7 bulan.
    rasanya jangan ditanya..
    namun aku harus yakin ada rencana indah dibalik semua ini.
    doakan kami yang menanti menjadi ibu di dunia dan akhirat ya mba.
    waasalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaykumsalam wr wb..sabar ya mba, saya berdoa mudah2an mba segera diberikan amanah lagi untuk menjadi seorang ibu..keep spirit

      Delete
    2. IEEE Final Year projects Project Centers in India are consistently sought after. Final Year Students Projects take a shot at them to improve their aptitudes, while specialists like the enjoyment in interfering with innovation. For experts, it's an alternate ball game through and through. Smaller than expected IEEE Final Year project centers ground for all fragments of CSE & IT engineers hoping to assemble. Final Year Projects for CSE It gives you tips and rules that is progressively critical to consider while choosing any final year project point.

      JavaScript Online Training in India

      JavaScript Training in India

      The Angular Training covers a wide range of topics including Components, Angular Directives, Angular Services, Pipes, security fundamentals, Routing, and Angular programmability. The new Angular TRaining will lay the foundation you need to specialise in Single Page Application developer. Angular Training

      Delete
  2. Alhamdulillah bu,salam kenal ya bunda sy dr gorontalo. senang cmpur terharu liat postingannya, sy sekarang msh berusaha dn berdoa dgn suami, kami sdh 3thn 8bln menikah Tetap semangat, dn brusaha santai dn gk stress, cz sy orgnya labil aplg klo udh mau haid mslh sdkit bkin jengkel..tp sy insyaAlloh yakin pasri hamil, tinggl tunggu indah pada waktuNya saja. Makasih ya bun sdh share promilnya ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah..semangat bun, smoga promil kali ini berhasil ya..jangan patah semangat dan terus berusaha diiringi berdoa...

      Delete
  3. Alhamdulillah ya bun.. smoga ak bisa segera merasakan hal yg sama. Saat ini saya masih berjuang, usia pernikahanku 2tahun 11bulan.. Doakan yaa

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah,kalo saya mbak smpe sekarang masih ada dlm posisi spt itu, menanti buah hati, menanti keajaiban dri Allah,7 tahun sudah pernikahan saya,smpe skrg, mudah2an saya selalu diberi kesabaran dan Allah segera menjawab do,a do, a saya, amiiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah...Allah senantiasa mengabulkan doa orang-orang yang memohon kepadanya..semangat bunda...

      Delete
  5. terimakasih informasinya, saya kebetulan mencari cara menggunakan minyak varash untuk vitalitas dan kesuburan akhirnya ketemu ini dan banyak belajar dari tulisannya, makasih ya

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, jadi lebih semangat menjalani promil, baca cerita bunda, selamat untuk keberhasilannya bunda. 2 thn usia pernikahan kami belum di berikan keturunan, doakan kami juga ya bunda bisa merasakan nikmat hamil & memiliki keturunan, aminnnn ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Robbal'alamiin semoga dilancarkan ya bun..banyak ikhtiar dan berdoa insya Allah, Allah akan mengabulkan doa bunda untuk diberikan keturunan..

      Delete
  7. amin yaa robbalalamin. selamat ya bunda. semoga sya juga beruntung seperti bunda yg berjuang promil dan bisa berhasil

    ReplyDelete
  8. boleh tau beli crystal X nya dmna kak? saya sering keputihan dan sekarang lagi mau program hamil.. kebetulan saya masih pengantin baru.
    Mohon infonya ya kak.. Terimakasih

    ReplyDelete
  9. Hajar Jahanam atau Nama Lainnya “Hajar Sa’adah” ialah Obat Herbal yang di gunakan untuk Pria dan Berfungsi Untuk Memperpanjang durasi dalam berhubungan Suami-istri atau bersanggama. Jadi, bagi anda Pria yang telah mempunyai Pasangan dan mempunyai problem dengan durasi berhubungan intim atau mungkin ingin memanjangkan durasi permainan, Hajar Jahanam mesir asli atau nama lainnya Hajar Sa’adah merupakan solusi yang tepat. karna Penggunaannya tidak menimbulkan Efek Samping yang berbahaya untuk tubuh.Tidak dapat di pungkiri banyak Pria yang tidak puas atau bahkan ingin memuaskan pasangannya dengan Menggunakan obat-obatan kimia. yang tujuannya untuk memperpanjang durasi dalam berhubungan suami istri. Harga hajar sa'adah cap piramid juga sangat terjangkau sekali...

    ReplyDelete
  10. Terimakasih artikelnya bermanfaat..
    promil sukses yuk dengan Rose V https://rosevsolusiwanita.com/
    IG : rosev.solusiku

    ReplyDelete

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Pengunjung Blog

Labels

A EKMET (1) A MACRO (1) A MATEK (1) A MENULIS (1) A MICRO (1) ENGLISH (13) ISLAMI (9) KISAH (24) KUE (2) KULINER (3) LEARNING (23) Menjahit (6) MONICLENS (8) MY CREATION (12) MY LOVELY FAMILY (17) NGAJI (1) NOSTALGIA (14) PUISI (7) RESENSI FILM (6) STORY (38) TAJWID (1) TESTIMONI (2) TIPS dan TRICK (16) TRAVELLING (40) TSAQOFAH (1) Umar (9)

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Monica Oktavina. Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter

Flag Counter

About Blogger

Hello guys, I am a mother of two kids, hopefully this blog useful for you, do not forget to follow this blog to get more information ^_^ (Instagram: moniceoktavina12. Youtube: Monica Oktavina) Contact Us: moniceoktavina@gmail.com

PRIVACY POLICY

Copyright © Monice and Family | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com