Thursday, August 12, 2021

My Starting S2 Journey 2021 (Accepted or No) #SIMAK UI 2021

Hari ini adalah pengumuman seleksi, saya meniatkan kembali untuk mendaftar S2 di tahun ini. Perjalanan dimulai di awal tahun 2021, Januari...

Kala itu ada pembukaan S2 split site, saya meniatkan untuk mendaftar, hanya saja syarat kelengkapan dokumen selain dll, adalah melampirkan Tes TOEFL ITP dengan score minimal 525, atau IELTS 5,5. Saya pun mengikuti tesnya di CILACS UII, hanya saja saya gagal memperoleh target nilai yang disyaratkan. Lumayan sedih sih, cuma sebelumnya saya berdo'a kepada Allah untuk diberikan yang terbaik. Jika memang jodoh ke luar negeri insya Allah lulus, tapi jika tidak ya hasilnya akan saya gunakan untuk mendaftar di dalam negeri. Karena ga lulus syarat tersebut, maka saya melanjutkan bekerja...

Starting point kedua adalah di bulan Juni 2021, pembukaan S2 beasiswa instansi tempat saya bekerja dibuka. Karena butuh surat persetujuan atasan dan proses yang panjang, 1 hari setelah surat itu muncul saya langsung coba untuk melengkapi berkas dan mengirimkannya. Berharap segera di acc dan langsung bisa mengupload berkas-berkas ke website tempat pendaftaran. Penantian hampir sebulan ya (penutupan pendaftaran tanggal 29 juni), akhirnya surat approvement muncul. Alhamdulillah, setidaknya 1 tahapan bisa dilalui.

Awal Juli pengumuman seleksi tahap administrasi, ahamdulillah nama saya muncul diantara 14 calon penerima beasiswa lainnya. Saya pun melengkapi berkas-berkas yang harus dilengkapi dan juga biaya pendaftaran. Biayanya lumayan sih sekitar 1,2 Juta rupiah...Karena peminatnya lebih besar dibanding yang akan diterima, maka peluangnya akan semakin kecil...

11 Juli kemarin adalah ujian seleksi SIMAK, ujiannya adalah TPA dan Bahasa Inggris. TPA terdiri dari Verbal, Matematika, Logika matematika. Waktunya sekitar 120 menit, mulai jam 08.00 selesai jam 10.00. Kemudian istirahat terus lanjut bahasa Inggris sampai jam 12.00..



Yang dirasain waktu itu adalah nervous (sempet ngeblank di awal, terus sadar waktu terus berjalan, wkwk), susah soalnyaa...beberapa saya kosongin karena ga tahu, hikz. Surprise bangetlah perasaannya, antara susah sama takut salah. Akhirnya pasrah sepasrah pasrahnya pas ujian selesai..

Jarak antara ujian dan pengumuman itu sebulan, lama ya...Hari ini resmi diumumin di webnya UI jam 13.00 dan menunggu surat dari instansi terkait lulus atau engganya (deg-degan guys!). Actually saya sudah pasrah, apapun hasilnya saya harus terima. Allah Maha Mengetahui mana yang terbaik buat hamba-Nya. Akankah ini yang diterima atau masih harus berusaha lagi? Wallahu a'lam..but Zendegi Migzara, right?


Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Pengunjung Blog

Labels

A EKMET (1) A MACRO (1) A MATEK (1) A MENULIS (1) A MICRO (1) ENGLISH (13) ISLAMI (9) KISAH (24) KUE (2) KULINER (3) LEARNING (23) Menjahit (6) MONICLENS (8) MY CREATION (12) MY LOVELY FAMILY (17) NGAJI (1) NOSTALGIA (14) PUISI (7) RESENSI FILM (6) STORY (38) TAJWID (1) TESTIMONI (2) TIPS dan TRICK (16) TRAVELLING (40) TSAQOFAH (1) Umar (9)

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Monica Oktavina. Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter

Flag Counter

About Blogger

Hello guys, I am a mother of two kids, hopefully this blog useful for you, do not forget to follow this blog to get more information ^_^ (Instagram: moniceoktavina12. Youtube: Monica Oktavina) Contact Us: moniceoktavina@gmail.com

PRIVACY POLICY

Copyright © Monice and Family | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com