Sunday, July 05, 2015

Pengalamanku Membuat Cover Buku dengan Photosop CS5


Cover buku???hmm..rasanya aku belum pernah membuatnya....

"Jangan men-judge seseorang dari covernya atau Don't judge some one by his/her cover". Aku sering sekali mendengar kata-kata seperti itu yang bisa diartikan seseorang tidaklah bisa langsung kita nilai hanya dari tampilan luarnya saja. Terkadang ungkapan ini benar, misalnya saja seseorang berpenampilan sangar ternyata memiliki hati selembut sutra. Atau bisa jadi penampilannya cantik tetapi memiliki hati yang busuk (krik..krik). Tapi tentunya ungkapan ini tidak selamanya benar. Karena bisa jadi seseorang yang baik hatinya memperhatikan penampilannya juga. Misalnya dalam hal berhijab, dia menggunakan pakaian yang rapi, bersih (tidak kumal), jilbabnya juga benar memakainya, ada brosnya, pakai kaus kaki. Dan Masya Allah, ternyata hatinya juga baik....


Nah, seperti halnya juga sebuah buku. Seseorang apabila datang ke toko buku yang pertama kali dilihat sebelum membeli buku pastinya cover buku itu. Saya sendiri ketika datang ke Gramed suka sekali melihat cover-cover buku yang unik-unik dan lucu-lucu sebelum memutuskan untuk membeli buku itu (tentunya sesuai dengan kebutuhan). Sekarang ini memang para pembuat cover buku/novel/majalah sudah sangat kreatif. Mereka membuatnya seperti dari hati, perpaduan antara warna-warna yang soft, pemilihan jenis huruf/font, jenis covernya juga keren-keren punya. Sehingga menarik para pengunjung untuk sekedar melihat-lihat maupun langsung mengantongi buku itu untuk dibeli.

Dulu aku sama sekali ga kepikiran gimana sih caranya membuat cover. Apalagi bisa bikin gambar dan memadupadankannya di sebuah cover itu rasanya "it's impossible i can do it!". Kadang saya suka kagum sama kakak tingkat saya yang jago photosop, dia biasanya sering dimintai tolong buat bikin cover buku (DDA, Statda) atauapun spanduk-spanduk buat acara-acara besar di kantor. Dan saya cuma bisa bergumam dalam hati..."Keren ya...." 



Hingga akhirnya, saya diberi amanah untuk menggantikan posisi kakak tingkat saya itu karena dia dipindahtugaskan ke provinsi. Dan ketika deadline harus membuat publikasi, terus terang saya sangat awam gimana cara menggunakan Photosop yang sering digunakan untuk membuat cover buku. Dan saya pun minta diajarin sama kakak saya itu, sebelum dia pindah. Oke...saya paham (sedikit). Namun, waktu itu sepertinya otak kanan saya belum terasah untuk membuat kreasi lain. Alhasil karena baru pertama yasudahlah saya pakai template yang dulu dan cuma ganti warna sama foto :P.


Hingga saya dipertemukan dengan adik tingkat yang jago photoshop. Wah akhirnya ada pengganti kakak tingkat saya (jadi masalah cover ada yang handle ucap saya dalam hati). Namun si adek tingkat ternyata juga tidak lama ditempatkan di kantor saya. Akhirnya mau tidak mau saya harus berguru sama dia karena ada beberapa hal yang saya masih 'kagok' di Photoshop. Apalagi tampilan photoshop dulu menurut saya sangat tidak familiar, tidak seprti corel atau Ms. Word yang langsung bisa diedit. Kalau di photoshop harus menggunakan layer-layer yang terpisah satu sama lain. Untuk beberapa lama saya masih belum familiar dengan Photoshop. Setelah berguru sama si adek, alhamdulillah saya mendapatkan banyak pencerahan dari dia. Makasih banyak ya dek.....

Dan seperti yang saya duga, sekalinya seseorang dianggap sudah pernah megang Photoshop maka ke depannya dia akan menjadi andalan untuk membuat cover-cover maupun spanduk lainnya. Walaupun saya masih terbilang baru di dunia per-photoshopan tetapi saya sangat bersyukur karena bertemu dengan dua orang rekan kerja saya itu. Sehingga saya sedikit banyak memiliki pengetahuan dimana ilmu itu tidak bisa dibeli dengan uang. Saya sadar hasil yang saya kerjakan mungkin tidak sebagus dan kurang memuaskan. Tetapi saya akan belajar, belajar, dan terus belajar untuk menjadi lebih baik lagi. Insya Allah di lain kesempatan saya akan menularkan sedikit ilmu saya di blog ini.

Tetep stay tune yah sobat...^_^
Wassalamu'alaykum Wr Wb

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Pengunjung Blog

Labels

A EKMET (1) A MACRO (1) A MATEK (1) A MENULIS (1) A MICRO (1) ENGLISH (13) ISLAMI (9) KISAH (24) KUE (2) KULINER (3) LEARNING (23) Menjahit (6) MONICLENS (8) MY CREATION (12) MY LOVELY FAMILY (17) NGAJI (1) NOSTALGIA (14) PUISI (7) RESENSI FILM (6) STORY (38) TAJWID (1) TESTIMONI (2) TIPS dan TRICK (16) TRAVELLING (40) TSAQOFAH (1) Umar (9)

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Monica Oktavina. Powered by Blogger.

Blog Archive

Flag Counter

Flag Counter

About Blogger

Hello guys, I am a mother of two kids, hopefully this blog useful for you, do not forget to follow this blog to get more information ^_^ (Instagram: moniceoktavina12. Youtube: Monica Oktavina) Contact Us: moniceoktavina@gmail.com

PRIVACY POLICY

Copyright © Monice and Family | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com